SeruuMart - Digital Marketplaces
             Senin, 24 Juli 2017
Tags Popular
Wah Walikota dan Wakil Walikota Solo Siap Gunakan Mobil Dinas Buatan Siswa SMK
Mobil Buatan Siswa SMK

Solo, Seruu.com - Wali Kota Surakarta Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo (Rudy), mulai Selasa (3/1) akan menggunakan mobil dinas rakitan para siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan Kiat Motor.

"Pak Jokowi nanti akan memakai mobil yang dirakit oleh SMK Negeri 2 Solo bersama Kiat Motor dan Pak Rudy mendapat jatah dari mobil yang dirakit oleh para pelajar SMK Warga Solo bersama Kiat Motor," kata Kepala Dinas Pendidikan Pemudan dan Olahraga Pemkot Surakarta Rahmat Sutomo, seusai penyerahan mobil tersebut di halaman Balaikota Surakarta, Senin (02/1/2012).

Mobil yang dirakit oleh para pelajar SMK dengan Kiat Motor yang menggunakan komponen 80 persen buatan lokal dan 20 persen impor itu dibiayai oleh Menteri Pendidkan dan Kebudayaan M.Noh. "Kedua unit mobil yang akan dipakai sebagai mobil dinas Wali Kota Surakarta dan Wakil Wali Kota Surakarta itu statusnya pinjam pakai," katanya.

Sukiat pendamping perakitan mobil SMK tersebut mengatakan, harga mobil itu Rp95 juta per unit, ini kalau diproduksi masal. "Komponen mobil ini sebagian besar buatan anak - anak SMK yang ada di Solo Raya."

"Kami berharap setelah Pak Jokowi dan Pak Rudy mau memakai mobil rakitan dari anak-anak SMK di Solo Raya, nantinya bisa berkembang dengan baik dan para pejabat lainnya juga mau mengikuti menggunakan mobil ini untuk dinas maupun pribadi," katanya.

Kepala SMK Negeri 2 Solo Susanto dan Kepala SMK Warga Solo Heru Munandar setelah menyerahkan mobil tersebut, mengatakan untuk perawatan tidak ada masalah. "Mekanik kami siap 24 jam untuk memberikan palayan apabila ada masalah di kedua mobil yang dipergunakan oleh Pak Jokowi dan Pak Rudy".

Sementara itu Jokowi dan Rudy seusai menerima bantuan mobil tersebut, mereka mengatakan mulai Selasa (3/2) mobil tersebut akan digunakan sebagai mobil dinas.

"Saya sangat bangga bisa menggunakan mobil rakitan anak-anak SMK dan Kiat Motor yang pertama. Mobil ini juga tidak kalah dengan mobil-mobil lainnya, silahkan dicek dan dicoba. Mobil ini nantinya juga akan saya pergunakan bepergian untuk dinas," kata Jokowi.

Ia mengatakan di negara-negara produsen mobil seperti di Jepang dan Korea, awal produksi mobil juga seperti yang dilakukan oleh para siswa SMK di Solo Raya ini. Melalui sistem ini akan memperkokoh ketahanan ekonomi di khususnya untuk produsen mobil.

"Menggunakan mobil dinas dengan buatan sendiri ini sama saja mencintai produknya sendiri, maka kami juga memakai produksi sendiri," kata Rudy.

BAGIKAN
KOMENTAR SERUU