Misterius! 20 Ton Bangkai Ikan Terdampar di Pantai Norwegia
Sekitar 20 ton bangkai ikan herring memenuhi pantai Kvaenes, Nordreisa, Norwegia (EPA/Dailymail)

Seruu.com - Ribuan ikan herring mati ditemukan terdampar di sebuah pantai utara Norwegia. Sekitar 20 ton bangkai ikan herring memenuhi pantai Kvaenes, Nordreisa, Norwegia.

Jan-Petter Jorgensen, 44 tahun, tengah syik berjalan dengan anjingnya, Molly, di tengah suhu dingin minus 15 derajat Celcius. Tiba-tiba ia mencium bau busuk.  Jorgensen langsung terkejut ketika di depan matanya terhampar pemandangan tak biasa, ia melihat ribuan bangkai ikan herring.

"Orang-orang mengatakan, hal serupa pernah terjadi di tahun 1980-an. Mungkin ikan-ikan itu terprangkap dalam lingkungan yang kehilangan oksigen, lalu mati karena terjebak di air tawar," tutur Jorgensen dikutip dari Daily Mail, Selasa (3/1/2011).

Sejumlah ahli berpendapat, ikan-ikan tersebut bisa saja terperangkap gelombang pasang surut air saat mencoba melarikan diri dari ikan predator, misalnya coalfish, yang mengejar mereka menuju garis pantai.

Sementara argumen lain menyebutkan ikan-ikan tersebut terdampar saat badai yang terjadi baru-baru ini. Atau, terjebak di perairan dangkal dan terpengaruh air tawar sungai yang mengalir ke teluk.

Jens Kristen Holst, dari Institut Penelitian Kelautan, mengatakan, peristiwa ini bisa diakibatkan beberapa faktor sekaligus. Ia berharap, pihaknya bisa melakukan tes pada ikan mati, untuk melihat apakah kematian massal itu akibat penyakit tertentu.

Meski ilmuwan sudah memberi tawaran jawaban ilmiah, insiden ini bisa dijadikan penguat, oleh mereka yang percaya, kiamat akan datang sebentar lagi.

Apalagi, ini bukan satu-satunya kematian hewan misterius yang terjadi di awal 2012. Minggu 1 Januari 2012 kemarin, sebanyak 200 burung hitam (blackbird) jatuh dari langit di sebuah kota kecil di Arkansas, Amerika Serikat. Polemik masih saja ada, meski aparat menyebut, burung-burung itu mati karena kembang api tahun baru.

Sementara itu, bulan lalu, sebanyak 25 bangkai kuda ditemukan di dasar tebing dekat Glenn Innes, New England.

Apa yang terjadi saat ini, seakan mengulang kejadian awal tahun lalu, di mana jutaan ikan mati ditemukan Chesapeake Bay, Maryland, sekitar 5.000 burung hitam lebih sekarat di Arkansas, dan hewan-hewan mati di payau Lousiana. [dailymail/is]

BAGIKAN
KOMENTAR SERUU