Wow Sumbangan ke Wikipedia Capai 180 Miliar Rupiah

Seruu.com - Dukungan terhadap kelangsungan ensiklopedia isi bebas Wikipedia, tak terbatas hanya suntingan naskah yang rutin di-update oleh penggemarnya di seluruh dunia. Ini terbukti dengan banyaknya sumbangan donatur yang angkanya mencapai USD 20 juta atau setara Rp 180 miliar dengan kurs dolar Rp 9 ribu.

Sumbangan selama 2011 itu tercatat paling besar sejak Wikipedia berdiri 2001. Rekor terbaru sumbangan tersebut, menurut eksekutif Wikimedia Foundation, Sue Gardner, tak lepas dari gencarnya kampanye yang berlangsung sejak 2003. Maklum, Wikimedia yang membawahi 16 situs wiki lain termasuk Wikipedia, mengharamkan pencantuman iklan di tiap konten atau naskah yang mereka terbitkan.

Kenaikan jumlah sumbangan, lanjut Gardner, dibarengi bertambahnya jumlah pendonor yang mencapai sepuluh kali lipat dibanding tahun 2008, atau dari nilai USD 4,5 juta menjadi USD 20 juta.

"Sekarang, Wikimedia melayani lebih dari 470 juta orang setiap bulan Ini adalah situs utama tapi tak didukung iklan. Tapi dengan sumbangan dari pembaca," kata Gardner seperti dikutip dari tgdaily, Selasa (3/1).

Sumbangan nantinya akan digunakan untuk membeli dan memasang server serta perangkat keras lain. Termasuk pula untuk pengembangan situs baru, memperluas pelayanan perangkat mobile, memberikan pembelaan hukum, dan mendukung komunitas sukarelawan global Wikimedia.

Wikipedia adalah ensiklopedia terbesar dalam sejarah umat manusia dengan 20 juta artikel dalam 282 bahasa. Relawan yang terlibat di dalamnya mencapai 100.000 orang yang mengup-date tak hanya informasi di Wikipedia tapi proyek lain dalam lingkup Wikimedia, diantaranya Wikimedia Commons, Wikinews, Wiktionary, Wikibooks, Wikiquote dan belasan lain. [ms]

BAGIKAN
KOMENTAR SERUU