Komnas HAM : 10 Orang Anak Jadi Korban Kebrutalan Polisi di Pelabuhan Sape
Ridha Saleh, Wakil Ketua Komnas HAM

Jakarta, Seruu.com - Setidaknya sepuluh anak mengalami tindak kekerasan saat terjadi tragedi berdarah di Bima beberapa waktu lalu. Ini adalah catatan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM).

"Mereka juga ditahan, namun semuanya sudah dilakukan penangguhan penahanan," kata Wakil Ketua Komnas HAM, Ridha Saleh di Kantor Komnas HAM, Jalan Latuharhary, Jakarta, Selasa (3/1).

Seorang anak yang tewas dalam kejadian itu, yakni Syaiful (17). Sedang anak-anak yang menjadi korban luka tembak, yakni Quraish (16), Salfina Julaini (15), Wendis Muliadin (15), Masnuh (13), Armasyah Ahmad (15), Tamrin Yakub (17), Yajik Mukrijak (16), Irwansyah (17), dan Syahroni Ibrahim (16).

Dari hasil investigasi Komnas HAM, berbagai kekerasan dilakukan aparat terhadap warga yang mendemo SK Bupati Bima soal izin pertambangan di wilayah tersebut.

Dalam video yang dimiliki Komnas HAM, terlihat jelas aparat memukuli dan melakukan penembakan kepada masyarakat. Akibat insiden ini, 30 orang mengalami luka tembak, tiga tewas, tujuh orang dewasa mengalami kekerasan, dan sepuluh anak mengalami kekerasan.

Atas hasil investigasi itu, Komnas HAM meminta agar Kapolda NTB beserta Kapolresta Bima bertanggung jawab terkait konflik di Bima. [ms]

BAGIKAN

Tags:



Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU