Kemnakertrans: Pemerintah segera Ratifikasi Konvensi Pekerja Migran
Ilustrasi TKI

Jakarta, Seruu.com - Dalam waktu dekat,  Pemerintah Indonesia segera merealisasikan rencana pengesahan (ratifikasi) konvensi international tentang perlindungan hak semua pekerja migran dan anggota keluarganya (Interna tional convention on the protection of  the rights of all migrant workers and members of their families).

 

Kepala Biro Hukum Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemnakertrans) Sunarno mengatakan pemerintah melalui Kemnakertrans dan Kementerian Luar Negeri telah melakukan inisiasi proses ratifikasi dengan menyiapkan Naskah Akademis dan Rancangan  Undang-Undang tentang Pengesahan Konvensi Pekerja Migran.

“Kemnakertrans mendukung rencana pengesahan konvensi pekerja migran ini. Dalam rapat kabinet terbatas pada tanggal 20 Desember 2010, Presiden RI telah telah menyatakan bahwa Pemerintah Indonesia perlu segera meratifikasi Konvensi Pekerja Migran, kata Sunarno di Kantor Kemnakertrans, Jakarta pada Selasa (3/1/2012).

Bahkan, tambah Sunarno, Presiden R.I telah menyetujui ijin prakarsa penyusunan RUU tentang Pengesahan Konvensi Internasional tentang Perlindungan Hak Semua Pekerja Migran dan Anggota Keluarganya sesuai surat Menteri Sekretaris Negara Nomor : 8-1005/M. Sesneg/D-4/PU.03/07/2011 tanggal 25 Juli 2011

Dijelaskan Sunarno,  selama ini Kemnakertrans telah mengintensifkan persiapan pengesahan termasuk upaya- upaya kajian mendalam terhadap pasal-pasal konvensi agar pemahaman dan implikasi pengesahan sejalan dengan kebijakan ketenagakerjaan di Indonesia baik terhadap tenaga kerja Indonesia yang bekerja di Luar Negeri maupun Tenaga Kerja Asing yang bekerja di Indonesia.

“Sesuai hasil pencermatan terdapat sejumlah artikel konvensi yang memberikan ruang kepada keberlakukan undang-undang nasional masing-masing negara dengan demikian secara umum subtansi  konvensi pekerja migran sejalan dengan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dan Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2004 tentang Penempatan dan Perlindungan TKI di Luar Negeri, kata Sunarno. [phk]

BAGIKAN

Tags:



Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU