Komnas HAM: Kekerasan di Sampang,  Komnas Belum Bisa Simpulkan Ada Pelanggaran HAM
Komisioner Komnas HAM, Kabul Supriyadhie
Kami belum bisa menyimpulkan karena belum mendapat penjelasan dari Polda Jatim. Dalam kasus Sampang ini yang melakukan pengamanan adalah Polda bukan Polres. Kami nanti usai bertemu dengan Gubernur akan menemui Kapolda untuk member penjelasan

Surabaya, Seruu.com - Beberapa hari di Jawa Timur untuk menyelidiki kasus kekerasan di Sampang Madura, Komnas HAM menentukan beberapa fakta di lapangan selama di Jawa Timur.

 

Komisioner Komnas HAM, Kabul Supriyadhie saat ditemui usai menghadap Gubernur Jatim, Soekarwo di Grahadi, Surabaya, Rabu (4/1/2012) mengatakan bahwa fakta yang ditemukan Komnas antara lain adanya perlakuan tertentu terhadap penganut aliran tertentu dan adanya kekerasan serta pembakaran rumah dari penganut aliran tertentu.

”Termasuk juga adanya pemahaman perbedaan keyakinan,” ungkap Kabul Suryadhie.

Meski menemukan fakta-fakta tersebut, kata Kabul Suryadhie, Komnas HAM belum bisa menyimpulkan keseluruhan peristiwa Sampang ada pelanggaran HAM.

”Kami belum bisa menyimpulkan karena belum mendapat penjelasan dari Polda Jatim. Dalam kasus Sampang ini yang melakukan pengamanan adalah Polda bukan Polres. Kami nanti usai bertemu dengan Gubernur akan menemui Kapolda untuk member penjelasan,” terangnya.

Kabul menjelaskan kalau kedatangannya ke Jatim hanya untuk mengumpulkan fakta dilapangan dengan menghimpun keterangan dari beberapa pihak yang terkait langsung dan tidak langsung” Untuk kesimpulannya nanti akan dikaji di Jakarta,”pungkasnya. [yud]

BAGIKAN
KOMENTAR SERUU