Ironi Tapol Nabire: Sakit Tumor Tapi Dibiarkan Tanpa Perawatan
Ilustrasi (Istimewa)
di Lapas Nabire, ada salah seorang Tapol yang bernama Kiamanus Wenda yang menderita penyakit tumor, namun Kalapas selalu menyebut bahwa yang bersangkutan dalam kondisi sehat. Padahal, hasil rekomendasi RSUD Nabire menyatakan Kiamnus harus segera dioperasi

Jakarta, Seruu.com - Seorang warga asal Nabire, Papua mengungkap adanya perlakukan diskriminatif terhadap tahanan politik (Tapol) yang dilakukan oleh Kepala Lapas (Kalapas) daerah tersebut.

 

Dia mengatakan, di Lapas Nabire, ada salah seorang Tapol yang bernama Kiamanus Wenda yang menderita penyakit tumor, namun Kalapas selalu menyebut bahwa yang bersangkutan dalam kondisi sehat. Padahal, hasil rekomendasi RSUD Nabire menyatakan Kiamnus harus segera dioperasi.

"Hasil rujukan dokter spesialis bedas Kiamanus harus dirujuk ke Jayapura untuk di operasi," ungkap Marthen Goo, salah seorang warga Nabire yang ikut mengadukan persoalan tersebut, bersama Komisi Untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) dan korban pelanggaran HAM lainnya kepada Wakil Menteri Hukum dan HAM Denny Indrayana, Rabu (04/01/2012)

Menurutnya, selama ini pihak Kalapas selalu menutup-nutupi kondisi kesehatan yang bersangkutan, dan seakan tidak mengindahkan rekomendasi dari RSUD Nabire.

"Tapi kalapas selalu menutup-nutupi dengan mengatakan kemanus sehat-sehat aja, dan suka bermain bola," terangnya.

Selain itu, dia juga menyatakan, selama ini ada beberapa Tapol yang telah meninggal dunia akibat diperlakukan tidak manusiawi selama dalam tahanan.

"Jadi ada beberapa tahanan politik mati, ada juga yg sakit," tandasnya.

Sementara itu, Koordinator KontraS Hariz Azhar, pada kesempatan yang sama menyebut pemenuhan hak tahanan politik adalah persoalan khusus yang harus menjadi perhatian bagi Kementerian Hukum dan HAM.

"Hampir semua Tapol dan Napol mengalami tindakan penyiksaan pada saat penangkapan maupun tindakan diskriminatif dalam proses penanganan hukumnya," ungkap Haris. [nurholis]

BAGIKAN

Tags:



Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU