Kemenakertrans Targetkan Hentikan Penempatan TKI Domestik Worker Tahun 2017
Ilustrasi TKI

Seruu.com  - Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi berencana untuk menghentikan pengiriman T enaga Kerja Indonesia sektor domestic worker luar negeri pada 2017. Hal tersebut tertuang dalam  Roadmap Domestic Worker 2017 yang saat ini tengah disiapkan.

Rencana penghentian  pengiriman TKI domestic worker itu merupakan bagian dari upaya perbaikan kualitas kompetensi kerja masyarakat Indonesia yang hendak bekerja di luar negeri. Sebagai langkah awal, pengiriman TKI ke Malaysia yang paling cepat dilakukan bulan Maret 2012 akan menjadi proyek percontohan.

"Dalam roadmap domestic worker 2017 ini, kita targetkan  pengiriman TKI sektor domestik worker yang bekerja sebagai Penata Laksana Rumah Tangga  *(PLRT)  bisa sampai ke titik `zero` (tidak ada pengiriman)," kata Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar seusai membuka  workshop “ Menuju Penempatan Perlindungan TKI di Luar Negeri “ di kantor Kemnakertrans, Jakarta pada Rabu (4/1).

Muhaimin mengatakan bila dilihat dari segi  jumlah, upaya penghentian penempatan TKI domestik worker ini memang berat, tetapi harus tetap dilakukan. Ada sekitar 650.000 tenaga kerja domestic worker yang dikirim setiap tahunnya.

 “Kalaupun sangat terpaksa bekerja di sektor domestik, maka posisinya harus jelas dan harus diakui oleh negara penempatan yang bersangkutan. Harus ada pengakuan kerja berdasar jabatan dan profesi dari negara penempatan yang meminta," kata Muhaimin.

“Jadi pilihannya adalah harus ada pengakuan kerja berdasarkan jabatan dan profesi. Negara penempatan harus mengakui sebagai pekerja dengan jabatan dan profesi tertentu dengan memiliki hak-hak normatif seperti hak jam kerja, hak libur, hak pendapatan sesuai standar minimal, standar upah atau jaminan sosial seperti pekerja formal lainnya," papar Muhaimin.

Muhaimin  menyebutkan, nantinya  TKI  domestic worker yang akan dikirim ke luar negeri harus ditempatkan di posisi yang jelas seperti juru masak, "housekeeping" atau perawat kebutuhan khusus (caregiver).

Muhaimin mengakui rencana itu akan mengalami kendala yang sangat berat antara lain menyediakan alternatif pekerjaan bagi para TKI didalam negeri dan bahwa negara tidak bisa menghalangi hak seseorang untuk mencari pekerjaan di luar negeri.
 
Lebih lanjut Muhaimin menjelaskan dalam  roadmap tersebut, ada beberapa tahapan persiapan  untuk mencapai target pada 2017, salah satunyua peningkatan kapasitas calon tenaga kerja yaitu di berbagai kantong TKI.

Upaya lainnya yang akan dilakukan pemerintah adalah peningkatan kapasitas kompetensi dan keterampilan, terutama masuk di sektor-sektor industri maupun ekonomi kreatif.
        
Selain itu, pemerintah akan melakukan link and match antara dunia usaha dengan lulusan sekolah-sekolah alternatif tersebut. Diperlukan penyelarasan kapasitas pendidikan formal bagi calon TKI, dari SD menjadi SMA.
          
Saat ini, jumlah permintaan pasar untuk domestic worker, khusus penata laksana rumah tangga (PLRT) relatif tinggi. Sayangnya angkatan kerja di Indonesia masih didominasi oleh lulusan sekolah dasar yang jumlahnya masih mencapai atau 45% dari total 119 juta orang angkatan kerja. [phk]

BAGIKAN

Tags:



Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU