Gaji Para Menteri Negeri Singa Dipangkas
Lee Hsien Loong - kanan - (Reuters)

Seruu.com - Singapura akan memotong jumlah gaji para menteri sebesar sepertiga untuk meredam kemarahan publik. Gaji Perdana Menteri Lee Hsien Loong akan dikurangi 36% menjadi US$1,69 juta.

 

Namun gaji Perdana Menteri sebesar itu tetap merupakan pendapatan tertinggi kepala negara di seluruh dunia.

Gaji PM Lee lebih dari empat kali lipat dibandingkan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama yang mendapatkan sekitar US$400.000 per tahun.

Secara keseluruhan, gaji para menteri di Singapura juga tetap pendapatan paling tinggi politisi.

Partai Aksi Rakyat (PAP) yang memimpin Singapura sejak kemerdekaan tahun 1965, berupaya membela diri terkait gaji besar ini, menyusul anjloknya perolehan suara dalam pemilu 2011, menjadi 60%.

Salah satu isu besar yang dihadapi PAP adalah gaji tinggi para menteri.

Namun PAP menyatakan gaji tinggi itu perlu untuk menarik bakat dari sektor swasta dan menghindari korupsi yang banyak terjadi di negara-negara Asia lain.

Walaupun menghadapi pengurangan gaji, para menteri berhak mendapatkan "bonus nasional" sebesar tiga bulan gaji bila sasaran pertumbuhan ekonomi dan upaya peningkatan lowongan kerja tercapai.

Bonus memang merupakan bagian dari sistem gaji para menteri Singapura.

Berdasarkan sistem bonus ini, gaji tambahan delapan bulan bisa diberikan bila pertumbuhan ekonomi lebih dari 10% namun tidak akan ada bonus bila angka perekonomian di bawah 2%.

Sejumlah kalangan membanjiri forum online untuk mengecam sistem gaji baru yang diajukan oleh komite independen kepada PM Lee.

"Gaji menteri masih lebih tinggi dibandingkan Presiden AS! Masih terlalu tinggi!" tulis salah satu pembaca yang menyebut namanya Lim Lao Pe di portal Yahoo Singapura.

Singapura memiliki milyuner paling banyak di dunia, dengan sekitar 15,5% warga memiliki aset paling tidak US$1 juta untuk diinvestasi, menurut badan konsultasi Boston Consulting Group.

Namun Singapura juga memiliki perbedaan paling tinggi terkait jumlah pendapatan warga dibandingkan negara maju lain. [bbc]

BAGIKAN

Tags:



Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU