Kemenhub Hanya Beri Sanksi Administratif Terhadap PO Sumber Kencono
Salah Satu Kecelakaan Yang Menimpa Bus Sumber Kencono

Jakarta, Seruu.com - Kementrian Perhubungan akhirnya memberi sanksi administratif kepada PO Sumber Kencono akibat seringnya mengalami kecelakaan, salah satunya adalah kecelakaan fatal pada pada 1 Januari lalu di lintasan Madiun-Surabaya yang menewaskan 6 orang penumpangnya.

Dalam berita acara yang ditandatangani Kasubdit Angkutan Jalan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, PO Sumber Kencono diberikan sanksi berupa pembekuan terhadap kendaraan nomor polisi W 7727 UY.

Menyikapi sanksi tersebut, manajemen PO Sumber Kencono berjanji akan memperbaiki diri. Pimpinan PO. Sumber Kencono, Setyaki Sasongko, menyatakan komitmennya untuk meningkatkan kualitas dan kinerja, khususnya yang terkait dengan sumber daya manusia (SDM) calon pengemudi bus.

Dalam konferensi pers usai memenuhi panggilan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub, ia juga menyampaikan permohonan maafnya. “Kami akan terus mengintrospeksi diri dan terus memperbaiki segala hal. Terutama mengenai SDM atau sopir-sopir kami, kami akan terus tingkatkan kualitasnya dengan terus mengutamakan keselamatan,” kata dia kepada wartawan, di Jakarta, Rabu (4/1).

Namun ia menjelaskan, selama ini tak ada yang menyimpang dalam proses perekrutas pengemudi bus Sumber Kencono. Sebab semua kandidat terlebih dulu melakukan tes kesehatan, psikologis, tes mengemudi di garasi, di luar, serta pelatihan-pelatihan yang dikawal sopir senior.

Setyiaki menjelaskan, sebanyak 50 persen armada PO. Sumber Kencono menggunakan GPS yang siap diaudit kapanpun. Tak hanya itu, ia pun berharap agar dalam kecelakaan lalu lintas jangan hanya dikritisi dari satu sisi. Melainkan pula meninjaunya dari tiap kasus yang ada secara menyeluruh.

Kasubdit Angkutan Jalan Kementerian Perhubungan, Ahmadi ZB, menuturkan selain pembekuan kendaraan yang mengalami kecelakaan. Sumber Kencono juga harus mengkaji dan mengevaluasi pelayanan operasional dengan mengurangi 40 persen armada yang beroperasi selama sepekan. Sumber Kencono juga harus mau komit menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan Angkutan Umum secara serius.

Kemudian, perusahaan bus itu juga wajib melakukan pembinaan terhadap pengemudi dengan bekerja sama dengan Direktorat Keselamatan Transportasi Darat. “Sumber Kencono juga akan menyerahkan Kartu Pengawasan Kendaraan kepada Kemenhub setelah diterimanya sanksi yang berupa surat pembekuan,” ujar Ahmadi. [ndis]

BAGIKAN

Tags:



Rating artikel: star goldstar goldstar goldstar goldstar gold (1 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU