Washington Post Aktif Pantau Ulah Memalukan Polisi Dalam Kasus Sendal Jepit Butut di Palu

Jakarta, Seruu.com - Media terkemuka di Amerika Serikat, The Washington Post ternyata aktif memantau perkembangan kasus sendal jepit yang melibatkan salah seorang personel kepolisian di Palu, Sulawesi Tengah. Setelah sebelumnya memberitakan solidaritas 1000 sandal jepit yang digalang oleh masayrakat dan aktivis KPAI, kini vonis bersalah yang dijatuhkan majelis hakim kepada AAL (15 Tahun) yang dituduh mencuri sandal milik Briptu Ahmad, anggota Brimob Polda Sulteng tersebut juga diberitakan media itu.

Dalam berita yang dirilis Rabu (4 Januari 2012) kemarin bertepatan dengan sidang vonis terhadap AAL, Washington Post menuliskan judul " Indonesian court convicts boy of stealing worn-out sandals but then frees him ". Mereka juga menulis bahwa warga Indonesia menyerahkan sendal jepit bagi kepala polisi sebagai simbol frustasi atas ketidakadilan. Media ini menyatakan rakyat Indonesia marah atas penangkapan AAL yang didakwa mencuri sandal seorang anggota polisi.

Selain Washington Post , sejumlah media internasional lainnya juga memberitakan kasus ini. Misalnya situs The News Zealand Herald, hari ini memuat berita berjudul, "Indonesia's new symbol for injustice: Sandals" atau "Simbol ketidakadilan di Indonesia: Sandal".

Berita senada juga dimuat media lainnya, yakni Boston Globe, Hindustan Time, dan CTV Winnipeg. Mereka juga menyoroti soal diskriminasi hukum yang terjadi di Indonesia.

AAL memang bernasib nahas. Usai dipukuli selama tiga jam, ia kini meringkuk di penjara karena kasus pencurian sandal yang diklaim milik anggota Brigadir Mobil Kepolisian Palu meski saat dicoba di pengadilan terlihat sangat kekecilan.

Briptu Ahmad sendiri yang dilaporkan ke Propam karena tuduhan penganiayaan akhirnya hanya divonis kurungan 21 hari dalam sidang kode etik di Propam Polda Sulteng. [musashi]

BAGIKAN

Tags:



Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU