100 Pasang 'Sandal Dari Rakyat ' Diterima Polri

Jakarta, Seruu.com - Simbol bentuk protes terhadap ketimpangan penegakan hukum di tanah air tiba di Mabes Polri Kamis (5/1) siang. Sekitar 100 pasang sandal jepit dibungkus dua kardus bertuliskan pesan "Sandal dari Rakyat, kepada Yth Kapolri Agar Melindungi Anak Indonesia" diserahkan kepada Jenderal Timur Pradopo yang secara simbolis diterima Kepala Sub Bagian Pelayanan Pengaduan Humas Polri, AKBP Haji Umar Anshari.

"Ini untuk Mabes Polri kami membawa 100 sandal jepit sebagai bentuk ungkapan hati rakyat. Ini bukan sekadar sandal, tapi kegelisahan atas tahanan anak. Dititipkan ke Kapolri agar bisa mengawal ratusan kasus anak di Indonesia. Untuk koreksi semua. Anak tidak butuh penjara tapi butuh keadilan dan restorative justice," kata Koordinator Aksi Seribu Sandal Bebaskan AAL Budhi Kurniawan, saat bertemu perwakilan Polri.

Sandal diserahkan oleh tiga orang aktivis LSM di antaranya yaitu Budi Kurniawan dan Farid Arifandi dari LSM SOS For Children dengan menggunakan mobil bak terbuka berwarna hijau menyambangi Gedung Humas Polri, Jakarta Selatan. Di depan mobil tersebut terpampang spanduk bertuliskan "Posko 1.000 Sandal Untuk Bebaskan AAL".

Budhi mengungkapkan, gerakan ini adalah sebagai wujud dukungan dan solidaritas masyarakat untuk membebaskan AAL. Dia berharap polisi introspeksi dan tidak mengulangi perbuatan yang sama dalam menegakkan hukum. "Ini bentuk solidaritas masyarakat yang kecewa, marah dalam penegakan kasus hukum. Bagaimana seorang anak dituduh, ini tamparan buat penegak hukum," ujarnya.

Sandal yang dibawa oleh mobil hijau itu berjumlah 1.300 pasang sandal. Polri hanya menerima dua dus berisi sandal. Sedangkan sisanya akan diberikan juga kepada institusi lainnya, seperti Kejaksaan Agung, Kemenkumham, Komisi Yudisial, Mahkamah Agung, dan Lembaga Pemasyarakatan anak-anak. "Ada dua dus. Isinya ratusan, sisanya kita akan kirimkan ke Kejaksaan, Mahkamah Agung, KY, Menkumham, dan Lapas-lapas," terang Budi.

Sementara itu AKBP Umar yang menerima 'bungkusan protes' tersebut mengatakan menerima sandal tersebut dan mengucapkan terima kasih. "Kita terima, Terima kasih. Seiring doa agar bermanfaat, akan disalurkan ke banyak masjid. Mudah-mudahan bermanfaat, dapat hidayah," katanya. [jf] 

BAGIKAN

Tags:



Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU