Sutan Bhatoegana Usulkan Pembentukan Panja Tambang

Jakarta, Seruu.com - Wakil Ketua Komisi VII DPR dari Fraksi Partai Demokrat, Sutan Bhatoegana mengusulkan pembentukan Panitia Kerja tentang tambang, menyusul bentrok antara warga dengan aparat keamanan terkait keberadaan PT SMN di Bima, Nusa Tenggara Barat. Sutan menegaskan,  Komisi VII akan memanggil semua pihak yang terkait mulai dari PT SMN, Muspida Bima, NTB, dan lainnya.

"Kita coba untuk cari info yang benar. Saya akan usul nanti Komisi VII untuk membentuk Panja tentang Tambang PT SMN Bima tersebut," kata Sutan saat dihubungi wartawan, Kamis (5/1).

Dijelaskan Sutan, permasalahan pertambangan bukan hanya di Bima tapi juga di banyak daerah lainnya. "Mudah-mudahan ada manfaatnya untuk kita bersama,” ujarnya.

Rencananya, jika Panja terbentuk maka Badan Pengawas Pasar Modal (Bapepam) akan dipanggil untuk menjelaskan tentang kepemilikan saham di PT SMN. Terlebih lagi Bupati Bima, Ferry Zulkarnain yang juga merupakan Ketua DPD Golkar Bima begitu ngotot membela kepentingan PT SMN.

"Ya untuk bongkar masalah Bima tersebut kan ada kaitannya dengan Komisi VII, minimal PT tersebut dan Bupatinya dapat di undang untuk klarifikasi ke Komisi VII," katanya.

Dirinya juga akan mengklarifikasi mengenai permasalahan pelaksanaan otonomi daerah di sektor pertambangan. “Selama ini kita sudah sering mendengar adanya upeti-upeti di luar pajak dan bagi hasil tambang kepada negara, yang diberikan kepada muspida-muspida di daerah," katanya.

Menurut informasi yang didapatnya, upeti itu harus diberikan jika perusahaan tambang ingin lancar dalam berusaha dan tidak diganggu oleh pemda. "Upeti itu saya dengar berupa saham dan hasil tambang itu sendiri kepada pribadi kepala daerah,” ungkap dia.

Sutan juga menyinggung pihak-pihak yang kerap mengkritik pemerintah seperti politisi Golkar Bambang Soesatyo yang dalam kasus Mesuji Lampung, namun justru cenderung diam dalam kasus Bima. Sutan mengatakan bahwa Bambang Soesatyo Cs adalah kelompok Ikan Salmon.

"Intelektual Kagetan Asal Ngomong. Mereka tidak akan berhenti menggoyang PD dengan SBY-Boediono. Mereka tidak akan diam sebelum syahwat  Politiknya tersalurkan dan orgasme politiknya  tercapai,” ujar Sutan sambil tertawa. [ms]

BAGIKAN

Tags:



Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU