Sekitar 44 Ribu Bangunan Kuno dan Situs Budaya di China Menghilang

Seruu.com - Cina menyatakan sekitar 44.000 reruntuhan kuno, kuil dan situs budaya lainnya menghilang. Demikian kesimpulan sensus warisan budaya Cina yang digelar untuk pertama kalinya sejak 20 tahun lalu.

Sekitar seperempat dari situs dilaporkan dalam keadaan buruk dan butuh perbaikan segera. Sensus yang dilakukan Badan Peninggalan Budaya Cina mencatat sekitar 700.000 situs warisan budaya.

Liu Xiaohe, wakil direktur survei kepada media negara mengatakan bahwa pembangunan ekonomi menjadi penyebab utama kerusakan barang peninggalan budaya. Liu Xiaohe menjelaskan bahwa banyak situs hilang karena tidak dilindungi dan telah dihancurkan untuk proyek konstruksi.

Di kawasan terburuk, provinsi Shaanxi, yang merupakan rumah pejuang terakota, statistik mengindikasikan bahwa lebih dari 3.500 situs budaya lenyap.

Tidak ada bangunan atau monumen spesifik yang dinamai dalam sensus kali ini.

Koresponden BBC melaporkan, bahkan Tembok Besar Cina juga terancam oleh erosi dan pembangunan yang tidak sah, karena peraturan konservasi dicemooh oleh pendaki dan dieksploitasi oleh penduduk lokal yang menjual tiket masuk sendiri.

Dua tahun lalu sebuah bagian Dinasti Qin di tembok Raksasa dilaporkan juga telah rusak oleh penambang yang membuat lubang guna mencari emas di bawahnya. [ndis]

BAGIKAN
KOMENTAR SERUU