Rizal Ramli : Kongres Perubahan Harus Libatkan Rakyat Dalam Perubahan

Jakarta, Seruu.com - Politikus Rizal Ramli menyerukan bangsa Indonesia kembali kepada Pancasila dan UUD 1945 sebagai roh gerakan nasional untuk perubahan. "Perubahan yang kita perjuangkan hingga reformasi kini ternyata hasilnya begini-begini saja," kata Rizal dalam Kongres Nasional untuk Perubahan di Gedung YTKI, di Jakarta, Kamis (5/1).

Rizal menyatakan, apabila pemerintahan yang memuluskan jalan korupsi, kebohongan dan kekerasaan tetap dilanjutkan, Indonesia akan menjadi negara sekarat. "Negara zombi yang disetir pihak asing," kata Rizal yang pernah menjabat Menko Perekonomian di era Presiden Abdurrahman Wahid itu.

Karena itu, perubahan yang diusung dalam kongres ini, menurut Rizal, merupakan gerakan yang melibatkan rakyat sebagai pendorong perubahan. "Bukan sekadar 'people power' memakai kekuatan rakyat untuk mengubah, tapi juga melibatkan rakyat dalam perubahan itu," ujar pendiri Rumah Perubahan tersebut.

Rizal juga menyoroti aksi-aksi gerakan selama ini belum memiliki jiwa atau roh yang mengiringi.

Namun, menurut dia, aksi bakar diri yang dilakukan mahasiswa Universitas Bung Karno Sondang Hutagalung pada Desember lalu dan kekerasan yang terjadi di Mesuji, Bima, maupun kekerasan berbau keagamaan di Sampang, Madura, telah melahirkan roh dalam gerakan perubahan.

"Kejadian-kejadian itu telah menumbuhkan greget dalam gerakan nasional untuk perubahan ini," kata Rizal yang juga aktivis mahasiswa era 1977/1978 itu.

Rizal menambahkan, dalam gerakan yang ia prakarsai juga bertujuan untuk "membangunkan" Indonesia.

"Membangunkan Indonesia yang selama ini tertidur, menyadarkan bahwa kita mampu menjadi kuat, mampu menciptakan keadilan dan kesejahteraan sosial bagi seluruh rakyat," katanya.

Kongres Perubahan Nasional dihadiri tokoh-tokoh politik-ekonomi, antara lain, mantan Menkeu Fuad Bawazir, pengamat politik Yudi Latief dan pengamat ekonomi Ichsanudin Noorsy, budayawan Sudjiwo Tejo, tokoh-tokoh lintas agama nasional, mahasiswa serta tokoh-tokoh daerah.

Mereka  juga membacakan Seruan Nasional untuk mengajak seluruh elemen masyarakat melakukan aksi bersama pada 12 Januari mendatang. [ms]
 

BAGIKAN

Tags:



Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU