Setelah Sebulan Duduki DPR, Akhirnya Komisi III DPR Mau Temui Petani Pulau Padang

Jakarta, Seruu.com - Setelah hampir sebulan menduduki gerbang DPR RI dan melakukan aksi jahit mulut yang diikuti puluhan warga, akhirnya petani Pulau Padang mendapat perhatian dari anggota DPR. Komisi III DPR siang ini, Jumat (06/1/2012) sedianya akan menemui para petani di lokasi aksi.

Koordinator aksi, Binbin Firman menjelaskan, anggota Komisi III berniat melakukan dialog langsung dengan warga Pulau Padang, Riau, dan perwakilan masyarakat Bima, NTB. Informasi ini dia terima langsung dari dua anggota Komisi III, yaitu Eva Kusuma Sundari (F-PDIP) dan Achmad Yani (F-PPP). Keduanya menerangkan akan datang ke pondok kaum tani di depan gerbang DPR Jalan Gatot Subroto itu bersama beberapa rekan anggota Komisi III lainnya.

Kunjungan wakil rakyat tersebut menambah dukungan moral bagi perjuangan para petani Pulau Padang dan Bima. Pasalnya, aksi 28 warga Pulau Padang yang menjahit mulut tidak juga membuahkan perhatian pihak pemerintah. Dukungan nyata baru muncul dalam dua hari dengan adanya kunjungan anggota DPD asal Riau Isnawati Ayus. Sejumlah tokoh masyarakat asal P Padang ikut mendatangi tenda-tenda di depan Gedung DPR dalam beberapa hari terakhir.

"Mereka mendukung perlunya pertemuan antara Bupati Kepulauan Meranti, Menteri Kehutanan, dan warga," kata Binbin, Jumat (06/1/2012).

Sebelumnya, Kementerian Kehutanan dan pihak pemda terkesan saling lempar tanggung jawab terkait izin operasional Hutan Tanaman Industri PT Riau Andalan Pulp & Paper di Pulau Padang. Menhut Zulkifli Hasan menyatakan, sudah menyurati bupati untuk segera menanggapi keluhan warga.

Pernyataan itu dibantah pihak Bupati yang menyatakan tidak pernah menerima surat dari Kemenhut. Warga Pulau Padang sendiri menuntut Kemenhut menarik SK HTI yang memberikan izin operasional kepada PT RAPP.

Jumlah warga penghuni gerbang DPR saat ini adalah 92 orang, 84 orang di antaranya adalah warga P Padang. Sedangkan delapan orang lainnya adalah perwakilan warga Bima yang menuntut penuntasan kasus insiden Pelabuhan Sape, Bima.

BAGIKAN

Tags:



Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU