Konflik di Selat Hormuz Picu Kenaikan Harga Emas
Latihan perang yang digelar Iran di Selat Hormuz

Seruu.com - Kontrak emas berjangka terus bergerak naik sehingga mencatat kenaikan terpanjang (rally) dalam 10 minggu. Harga minyak berjangka, Kamis (5/1/2012) waktu New York, menanjak karena Menteri Pertahanan Inggris Philip Hammond mengatakan, akan melakukan tindakan militer jika Iran akan merealisasikan ancamannya memblokir Selat Hormuz.

Hal itu mendorong harga emas berjangka untuk pengantaran Februari naik 0,5 persen menjadi 1.620,10 dollar AS per troy ounce (setara dengan 31,1 gram) pada pukul 1:40 PM, di Comex, New York. Kontrak yang paling aktif ini naik selama empat sesi berturut-turut, dan merupakan kenaikan terpanjang sejak akhir Oktober.

Menteri Pertahanan Inggris, Philip Hammond, di Washington, Kamis waktu setempat, mengatakan, upaya Iran untuk memblokir Selat Hormuz seiring dengan sanksi yang telah diberikan AS, dan rencana pelarangan impor minyak mentah oleh Uni Eropa adalah suatu hal yang ilegal dan tidak akan berhasil.

Ia mengatakan, tentara Inggris akan melakukan aksi untuk menjaga jalur pengiriman tetap terbuka. "Iran secara bertahap menjadi sumber kekhawatiran dunia, dan masyarakat khawatir akan apa yang terjadi ke depannnya," sebut Michael Smith, Presiden T&K Futures and Options, di Port St. Lucie, Florida, Kamis waktu setempat.Ia pun mengatakan, kondisi tersebut memberikan sentimen positif terhadap logam mulia ini. [ms]

BAGIKAN

Tags:



Rating artikel: star goldstar goldstar goldstar goldstar gold (1 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU