Tahun Ini, Indonesia Kembali Ekspor  50 Ribu TKI ke Malaysia
Dirjen Penta (Penempatan Tenaga Kerja) Depnaker, Rena Usman

Surabaya, Seruu.com -  Pasca moratorium pengiriman TKI ke Malaysia, Pemerintah akan mengirimkan 50 ribu TKI asal Indonesia untuk bekerja di Malaysia. Pengiriman nanti rencananya akan dilaksanakan pada bulan Maret 2012.

Dirjen Penta (Penempatan Tenaga Kerja) Depnaker, Rena Usman saat di Surabaya, Jumat (6/1/2012) mengatakan bahwa saat ini pemerintah sedang menyiapkan pelatihan TKI yang dilatih selama 200 jam.

“Untuk penempatan mereka yang sudah dilatih penuh, Joint Task Force (JTF) atau Satuan Tugas Gabungan yang mengawal seluruh proses di dalam penempatan TKI. Mereka juga akan dibantu oleh seluruh petugas Disnaker Propinsi hingga Kabupaten dan Kota,” ujarnya.

Rena Usman mengungkapkan bahwa meski Malaysia meminta pengiriman 50 ribu TKI asal Indonesia untuk dikirim ke Malaysia, namun hal tersebut tidak sepenuhnya dipenuhi semua oleh pemerintah Indonesia.

”Kami melihat dulu kapasitas tempat pelatihan untuk melatih calon tenaga kerja tersebut agar pelatihannya bisa maksimal,”terangnya

Sementara itu untuk Jawa Timur sendiri, Rena Usman menjelaskan bahwa untuk tempat pelatihan tenaga kerja sudah siap untuk digunakan “ Nanti kami akan lakukan verifikasi terlebih dahulu. Baru nanti kalau sudah lolos verifikasi langsung bisa digunakan,”terangnya

Untuk perlindungan TKI sendiri di Malaysia, Rena Usman mengatakan bahwa pemerintah mengharapkan agency di Malaysia dan agency  penempatan untuk aktif memantau TKI nya  untuk memberikan perlindungan.

”Kami akan mewajibkan para agency tersebut membuat shelter  pelaporan TKI. Nanti mereka bisa langsung melaporkannya ke KBRI,”pungkasnya. [yud]
 

BAGIKAN

Tags:



Rating artikel: star goldstar goldstar goldstar goldstar gold (1 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU