Terima Rekomendasi Komnas HAM, Polri Janjikan Investigasi Bersama Tragedi Bima

Jakarta, Seruu.com - Polri dan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) sepakat melakukan penyelidikan bersama atau join investigation terkait tragedi kerusuhan di Pelabuhan Sape, Bima, Nusa Tenggara Barat. Kesepakatan didapat dalam pertemuan antara Polri dengan Komnas HAM di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Jumat (6/1).

"Itu dilakukan supaya hasilnya sama,masalahnya apa, kenapa, dan tindak lanjutnya seperti apa. Tapi intinya Polri akan menindaklanjuti temuan Komnas HAM," kata Kapolri usai menghadiri pertemuan.

Pertemuan itu berlangsung sekitar dua jam. Pihak Komnas HAM diwakili Komisioner Ridha Saleh dan Ketua Ifdal Kasim. Masing-masing institusi mengaku memiliki data berupa video terkait kerusuhan yang melibatkan polisi dan warga sipil tersebut.

Menurut data Komnas HAM, tiga orang tewas dalam tragedi yang terjadi pada Desember 2011. Sementara polisi hanya menyebutkan dua orang yang tewas.

Polisi pun telah menetapkan lima tersangka dari kepolisian dan 50 orang dari pihak demonstran yang menuntut pencabutan Surat Keputusan Bupati terkait izin penambangan emas. Tiga tersangka dari kepolisian dikenakan sanksi disiplin dan penundaan kenaikan pangkat. Sedangkan dua lainnya tengah menjalani persidangan.

Menurut Kapolri, hasil penyelidikan bersama itu akan dibawa ke Pengadilan Negeri. Ia pun menegaskan Polri akan bersikap terbuka selama penyelidikan berlangsung. [nurholis]

BAGIKAN

Tags:



Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU