SAR Selandia Baru Sukses Bebaskan Kapal Rusia Yang Terdampar di Antartika

Wellington, Seruu.com - Sebuah kapal ikan berbendera Rusia, diketahui sudah belasan hari terdampar di lautan es Antartika. Lambung kapal "Sparta" robek dengan diameter 30 centimeter, sehingga kapal tak bisa bergerak dari kepungan es.

Kapal dengan 32 anak buah kapal, 16 di antaranya warga Indonesia, rencananya ditarik ke Pelabuhan Nelson, Selandia Baru, untuk diperbaiki. Perbaikan diperkirakan membutuhkan waktu sembilan hari.

Duta Besar RI untuk Selandia Baru A. Agus Sriyono menjelaskan, semua ABK baik-baik saja. Menurut Agus, pemerintah Selandia Baru juga sudah mengirim kapal pemecah es, Araon.

Angkatan Udara Selandia Baru, tambah Agus, telah mengirim pesawat Hercules tipe 130 untuk mengirim peralatan, sekaligus mengangkut kebutuhan yang diperlukan.

Informasi yang kami dapatkan Tim SAR Selandia baru saat ini telah berhasil membawa kapal ikan Rusia yang terjebak di Laut Antartika, kembali berlayar di laut lepas.

Menurut Juru Bicara Tim SAR Selandia Baru Chris Henshaw, saat ini kapal tengah berlayar menuju pelabuhan Lyttelton, Selandia Baru, tempat kapal tersebut akan diperbaiki. Henshaw mengatakan, kapal ikan berbendera Rusia itu akan mulai berlayar kembali sejauh 160 kilometer di Laut Antartika setelah perbaikan selesai dan dinyatakan layak layar.  [ndis]

BAGIKAN
KOMENTAR SERUU