Bom Bunuh Diri Dalam Bus Pengangkut Polisi Meledak di Suriah Tewaskan Puluhan Orang

Seruu.com - Televisi pemerintah Suriah mengatakan aksi seorang pengebom bunuh diri di pusat ibukota Damaskus hari Jumat (6/1) menewaskan dan melukai puluhan orang.Gambar-gambar televisi menunjukkan darah di kaca-kaca bus yang sepertinya mengangkut polisi di kawasan Midan.

"Pelaku meledakkan diri menewaskan banyak orang," kata Menteri Dalam Negeri Mohammed Shaar seperti dikutip kantor berita Associated Press.

Warga sipil juga dikatakan termasuk di antara para korban. Kantor berita AFP memberitakan warga di lokasi kejadian meneriakkan kata-kata yang menyebutkan bahwa serangan ini dilakukan oleh para teroris.

Ledakan ini terjadi menjelang aksi protes besar-besaran untuk mendesak tim pemantau Liga Arab, yang tengah berada di Suriah, agar menyatakan bahwa pemerintah gagal mengakhiri tindak kekerasan, yang oleh PBB dikatakan telah menewaskan lebih dari 5.000 orang sejak Maret tahun lalu.

Pemantau Liga Arab berada di Suriah sejak 26 Desember untuk menilai apakat pemerintah pimpinan Presiden Bashar al Assad menjalankan kesepakatan perdamaian dengan Liga Arab yang ditujukan untuk mengakhiri aksi penumpasan pemerintah terhadap para pengunjuk rasa prodemokrasi.
Al Qaida

Ledakan serupa di Damaskus dua pekan lalu menewaskan lebih dari 40 orang.

Para aktivis menuduh ledakan ini sengaja dilakukan oleh aparat keamanan pemerintah untuk mempengaruhi tim pemantau Liga Arab yang tengah berada di Suriah.  Namun pemerintah menegaskan serangan-serangan ini dilakukan oleh al Qaida. Organisasi yang menghimpun para aktivis kembali mengatakan pemerintah berada di balik ledakan hari Jumat. [ms]

BAGIKAN
KOMENTAR SERUU