Susno Duadji : Negara harus bisa lebih peka terhadap berbagai kasus yang menimpa rakyat kecil

Jakarta, Seruu.com - Mantan Kabareskrim, Komjend Susno Duadji angkat bicara soal keadilan hukum. Susno menilai, penegakan hukum di Indonesia sudah bertentangan dengan rasa kebenaran dan keadilan. Hal ini berkaitan dengan dengan sejumlah kasus yang menimpa rakyat miskin di sejumlah daerah.

"Negara harus bisa lebih peka terhadap berbagai kasus yang menimpa rakyat kecil,” jelas Susno dalam surat elekronik, Jumat (6/1/2012).

Susno menjelaskan, berkaca pada kasus-kasus hukum yang terjadi di Indonesia belakangan ini, dia meminta agar penegak hukum harus memakai nurani dalam penanganan kasus.

“Maka aparat penegak hukum harus punya kekuatan iman dan kepekaan hati nurani jika ingin menyuarakan kebenaran dan keadilan yang berasal dari Allah,” jelas Susno yang telah divonis Pengadilan Tinggi DKI Jakarta terkait kasus dugaan korupsi dalam penanganan kasus PT Salmah Arowana dan Pemilukada Jabar 2008.

Hukum di Indonesia akan sulit dibenahi tanpa kesadaran para aparat penegak hukum. Kesadaran itu harus berlandasan pada hati nurani para penegak hukum.

“Tanpa itu peradilan dan penegakan hukum di Indonesia akan selalu merugikan rakyat, yang miskin khususnya. Melihat kondisi hukum kita saat ini, kalau perlu tembok ditabrak dan terjun ke dalam jurang,” ungkap Susno. [ms]

BAGIKAN

Tags:



Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU