Bom Bunuh Diri di Damaskus Tewaskan 25 Orang
Bom Bunuh Diri di Damaskus (Reuters)

Seruu.com - Serangan bom mobil bunuh diri di al-Midan,  Damaskus, Suriah, Jumat(6/1/2012) kemarin menewaaskan setidaknya 25 orang dan melukai puluhan orang.

Menteri Dalam Negeri Suriah,  Mohammad Ibrahim al-Chaar mengatakan kepada wartawan bahwa 11 warga sipil dan polisi dikonfirmasi tewas dan sejumlah mayat belum diidentifikasi. Ia mengatakan 63 orang lainnya terluka.

"Menurut informasi awal, seorang pembom bunuh diri meledakkan dirinya pukul 10:55 di daerah yang ramai dikunjungi warga, bypassers, dan toko-toko, dalam upaya untuk membunuh sebanyak mungkin orang," kata Chaar seperti dilaporkan kantor berita Suriah, SANA.

Sementara seorang saksi mengatakan kepada Xinhua bahwa pembom bunuh diri meledakkan dirinya di dekat sebuah kantor polisi di al-Midan , membunuh sejumlah warga sipil dan polisi.

Cuplikan dari televisi pemerintah Suriah menunjukkan mayat korban berhamburan di lokasi ledakan, serta membakar mobil - mobil yang berada di jalan.

SANA melaporkan bahwa ledakan itu juga dekat dengan Hassan Sekolah Dasar al-Hakeen. Informasi awal mengindikasikan bahwa penyerang meledakkan bom di sebuah lampu lalu lintas di al-Midan.

Tepat setelah ledakan, puluhan orang meneriakkan slogan-slogan pro-pemerintah dan menuntut pelaksanaan hukum darurat yang  baru-baru ini telah dibatalkan.

Ledakan itu adalah serangan mematikan kedua di ibukota Suriah sejak letusan protes massa menentang Presiden Suriah Bashar al-Assad pada pertengahan Maret silam.

Kantor berita AFP memberitakan warga di lokasi kejadian meneriakkan kata-kata yang menyebutkan bahwa serangan ini dilakukan oleh para teroris.

Ledakan ini terjadi menjelang aksi protes besar-besaran untuk mendesak tim pemantau Liga Arab, yang tengah berada di Suriah, agar menyatakan bahwa pemerintah gagal mengakhiri tindak kekerasan, yang oleh PBB dikatakan telah menewaskan lebih dari 5.000 orang sejak Maret tahun lalu.

Pemantau Liga Arab berada di Suriah sejak 26 Desember untuk menilai apakat pemerintah pimpinan Presiden Bashar al Assad menjalankan kesepakatan perdamaian dengan Liga Arab yang ditujukan untuk mengakhiri aksi penumpasan pemerintah terhadap para pengunjuk rasa prodemokrasi. [bbc/xin/ir]

 

BAGIKAN

Tags:



Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU