Angkatan Laut AS Klaim Telah Selamatkan 13 Warga Iran Yang Disandera di Somalia

Seruu.com - Angkatan Laut Amerika Serikat Jumat mengatakan mereka  menyelamatkan 13 sandera Iran yang ditahan oleh perompak Somalia di Laut Arab, beberapa hari setelah ketegangan meningkat karena Iran memperingatkan agar kelompok kapal induk AS kembali ke Teluk.

Kapal perusak AS dipandu-rudal USS Kidd, bagian dari kelompok tempur kapal induk USS John C. Stennis yang  berangkat ke Teluk beberapa hari lalu, menanggapi seruan darurat kapal Iran Al Molai, yang disandera oleh perompak Somalia selama lebih dari 40 hari, kata Angkatan Laut AS dalam satu pernyataan.
      
Satu tim Angkatan Laut AS USS Kidd dengan sebuah helikopter menuju ke kapal Iran tersebut, yang digunakan sebagai "kapal induk" oleh para perompak, dan menahan 15 bajak laut, yang menyerah dengan cepat tanpa perlawanan.
       
"Al Molai telah diambil alih oleh bajak laut selama kira-kira 40-45 hari terakhir," kata Josh Schminky, petugas Dinas Penyelidikan Kriminal pada kapal Kidd.
      
"Mereka disandera, dengan ransum yang terbatas, dan kami percaya bahwa mereka terpaksa melawan kehendak perompak  untuk membantu mereka melakukan operasi pembajakan lain."
  
Orang-orang Iran itu telah dibebaskan dan pulang ke negaranya setelah tim Angkatan Laut AS memberi mereka makanan, air dan medis.
       
Operasi penyelamatan itu terjadi di tengah meningkatnya ketegangan antara Amerika Serikat  dan Iran, yang panglima militernya pada Selasa memperingatkan Washington agar mengirimkan kapal induknya kembali ke Teluk. [ms]

BAGIKAN

Tags:



Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU