Peringatan Hari Angkatan Darat Irak Diwarnai Ledakan Mortir
Parade Hari Angkatan Darat Irak (Getty)

Seruu.com, - Setidaknya tiga ledakan terjadi di dekat Zona Hijau Baghdad, Irak, dimana sebuah parade memperingati  Hari Angkatan Darat Irak sedang berlangsung, Jum’at (06/01/2012).
 

Seperti dilansir CNN, Sabtu (07/12/2012), tidak ada laporan adanya  korban dalam serangan, yang datang di tengah keamanan yang meningkat di ibukota Irak dalam persiapan untuk Hari Angkatan Darat. Para pejabat mengatakan mereka prihatin tentang serangan itu.

Saksi mata mengatakan ledakan disebabkan oleh mortir atau roket yang menghantam hamparan pendek jalan antara Departemen Luar Negeri dan salah satu pos pemeriksaan utama yang menuju ke Zona Hijau, daerah yang sebelumnya ditargetkan dalam serangan.

Zona Hijau, juga dikenal sebagai Zona Internasional yang merupakan  'rumah' Kedutaan Besar AS dan sejumlah kantor-kantor pemerintah Irak dan militer.

Perdana Menteri Nuri al-Maliki dan pejabat tinggi lainnya ikut menghadiri parade tersebut.

6 Januari adalah hari ulang tahun pembentukan Angkatan Darat Irak. Ini adalah pertama kalinya Irak merayakan parade ini sejak invasi  pasukan AS di negara itu pada 2003 silam.

Serangan terbaru itu terjadi setelah puluhan orang tewas  dalam pemboman di Baghdad dan dekat Nasiriyah, Kamis lalu,  serangan  mematikan yang diduga  menargetkan kaum muslim Syiah.

Kekerasan berkobar selama bertahun-tahun setelah invasi AS ke Irak antara anggota minoritas di negara tersebut, muslim Sunni, yang memegang kekuasaan selama era Saddam Hussein, dan kaum muslim mayoritas  Syiah, yang memperoleh kekuasaan setelah kejatuhan Sadam.

Kekerasan sektarian perlahan - lahan mulai berkurang. Tapi,  dalam beberapa pekan terakhir, warga Irak telah khawatir tentang peningkatan konflik Sunni-Syiah setelah penarikan militer AS dari negara itu bulan lalu.

Kaum Sunni di Irak merasa terpinggirkan oleh pemerintah Perdana Menteri Nuri al-Maliki, yang seorang pengikut  Syiah. Situasi semakain memanas setelah ia memerintahkan penangkapan, Tariq al- Hashimi, yang menjabat  Wakil Presiden bulan lalu  yang diketahui pengikut Sunni.  Ia  didakwa melakukan pemboman dan memerintahkan  pembunuhan,  tuduhan itu sendiri dibantah oleh Tariq al- Hashimi  . [Priambodo]
 

BAGIKAN

Tags:



Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU