Insiden Pesawat, Komisi I DPR Nilai Diplomasi Papua Nugini Tidak Beretika

Seruu.com - Anggota Komisi I DPR RI yang membidangi Luar Negeri, Pertahanan dan Intelijen, Fayakhun Andriadi menilai gertakan Papua Nugini (PNG) yang mengancam akan mengusir Duta Besar RI, terkait insiden pesawat pegangkut deputi PM Papua Nugini yang melintasi wilayah udara Indonesia November 2011 lalu itu, merupakan diplomasi tidak beretika.

"Jelas ini sangat sepihak, tanpa mendengar terlebih dulu penjelasan RI. Dan ini merupakan sikap diplomasi tak beretika dan harus ditanggapi serius," tandas politisi muda Partai Golkar ini kepada wartawan Minggu (8/7).

Oleh karena itu ia menuntut pemerintah Indonesia mampu bersikap tegas atas tindakan politik luar negeri Papua Nugini tersebut. "Ini harus disikapi dengan tegas, dan jangan terkesan menerapkan politik diplomasi cari selamat (`safety safe`). Kembali pada hakekat asli, bahwa politik luar negeri harus diabdikan kepada kepentingan nasional," katanya.

"Bila perlu dilakukan tindak balas pengusiran atas para diplomati mereka. Atau, diancam pula dengan pemutusan hubungan dipolomatik," tambahnya.

Lebih lanjut secara terpisah Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Tubagus Hasanuddin (Fraksi PDI Perjuangan), menyatakan, sikap PM PNG untuk mengusir Dubes RI, cenderung berlebihan atau `over acting`.

"Sudah menjadi tugas patroli penerbang-penerbang Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari Angkatan Udara (AU) mendeteksi dan mengecek pesawat-pesawat yang melintas di wilayah dirgantara NKRI," tegasnya.

Apalagi, menurutnya, jika pesawat-pesawat itu dikatagorikan sebagai pesawat `tidak dikenal` atau `ragu-ragu dikenal`. "Tak ada yang salah dari patroli-patroli TNI AU. Itu merupakan prosedur yang layak di mana pun, di semua negara berdaulat," tandasnya.

Dikatakannya, kalau PM PNG tidak bersedia menerima penjelasan resmi Pemerintah RI, ia menyarankan sebuah sikap yang keras. "Saya menyarankan, putuskan hubungan diplomatik dengan PNG," tegas Tubagus Hasanuddin lagi. [an/fay]

BAGIKAN

Tags:



Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU