TNI Lembaga Terbersih Versi LSI, Kalahkan KPK

Jakarta, Seruu.com - TNI dinilai lembaga pemerintah terbersih dari praktek korupsi, unggul dari lembaga pemberantas korupsi sendiri, KPK. Penilaian ini berdasarkan hasil survey terbaru Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang dilakukan selama 10 hari dari 8-17 Desember 2011.

"Rakyat pada umumnya masih percaya bahwa lembaga ini (TNI-red) bersih dari korupsi. Bahkan MK dan KPK yang selama ini dinilai bersih, juga dipersepsikan tidak bersih oleh rakyat pada umumnya," ujar Direktur Eksekutif LSI, Dodi Ambardi, Minggu (8/1).
 
Menurut Dodi, temuan soal kepercayaan publik terhadap 'kebersihan' lembaga pemerintahan ini dilakukan dengan menggunakan jumlah sampel sekitar 1.220 orang dengan responden terpilih dan diwawancarai lewat tatap muka.

Setiap responden diajukan pertanyaan 'sejauh ini, menurut penilaian Ibu/Bapak seberapa bersih atau tidak bersihkah lembaga-lembaga berikut dari Korupsi?', TNI, Kepresidenan, Polri, KPK, BI, MA, MK, BPK, Kejagung, DPR dan partai politik.

Hasilnya, dari seribuan responden tersebut 57,2 persen menyatakan TNI bersih dari korupsi. Kemudian pada urutan ke-dua ditempati oleh Presiden dengan perolehan angka 51 persen, kemudian disusul Polri (39,3 persen), KPK (38,5 persen), dan Bank Indonesia (38,2 persen).

Semenatara itu, dalam presentasi hasil survey di Kantor LSI, Jl Lembang Terusan, Menteng, Jakarta tersebut, Mahkamah Agung meraih 34,9%, kemudian Badan Pemeriksa Keuangan sebanyak 33,8% dan Kejaksaan Agung 33,2%.

Adapun untuk DPR dan Partai Politik, masing-masing berada diurutan terbawah menurut persepsi publik mengenai kebersihan lembaga negara dari korupsi, yakni 31,1 persen untuk DPR dan 30,2 persen untuk partai politik. [fay]

BAGIKAN
KOMENTAR SERUU