Menteri PU : Besok, Batas Akhir Laporan Tim Investigasi Runtuhnya Jembatan Kukar

Jakarta, Seruu.com - Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto mengatakan bahwa hingga saat ini tim investigasi runtuhnya Jembatan Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur, masih bekerja. Namun ia juga memastikan bahwa laporan final tim ini harus diserahkan dengan batas akhir tanggal 10 Januari 2012.

"Saya tugaskan ada 11 ahli, 2 dari ITB, 2 dari UGM, 2 dari ITS, dua dari UI, 2 dari BPPT, 1 dari Asosiasi Jasa Konstruksi. Sampai hari ini dia belum beri laporan final. Tapi saya batasi tanggal 10 Januari sebenarnya. Sebelum tanggal 10 dia harus berikan laporan final kepada saya," kata Djoko, Senin (09/1/2012).

Hal itu disampaikan dia usai peresmian pembangunan desa tertinggal di perbatasan Dusun Camar Bulan, Desa Temajuk, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, Sabtu (7/1/2011).

Djoko menegaskan pihaknya tidak mencari tersangka. Yang dicari adalah mengapa jembatan tersebut bisa roboh. Hal ini jauh lebih penting bagi Kementerian PU agar ke depannya tidak terjadi hal serupa di Indonesia.

Ada kesalahan prosedur? "Ya biarkan saja, tidak apa, kalau yang salah ya karena ini negara hukum siapa pun akan kena hukum. Tapi kompetensi saya tidak cari siapa yang salah untuk dipidana tapi mencari kesalahan ke depan, ini tugas Menteri PU," terang Djoko.

Dia memastikan Kementerian PU sudah melakukan evaluasi. "Tim sudah dibentuk dan sudah dilakukan," ucapnya.

Kepolisian Kukar telah menahan 3 orang terkait kasus runtuhnya Jembatan Kukar. Mereka adalah YS dan HS yang merupakan pegawai dari Dinas PU Kukar, dan MSF yang merupakan manajer proyek PT Bukaka.

Jembatan Kukar runtuh pada 26 November 2011 lalu. Akibat peristiwa itu, 24 orang tewas dan belasan orang lainnya dinyatakan hilang. Jembatan itu runtuh setelah digunakan sejak 2001 lalu. [ms]

BAGIKAN

Tags:



Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU