Emas Cetak Kenaikan 3 Persen Pekan Lalu
Emas (Reuters)

Seruu.com - Harga emas bergerak melemah pada perdagangan Senin hari ini setelah mencetak kenaikan cukup signifikan 3 persen pada pekan lalu lantaran kekhawatiran pelaku pasar atas krisis utang Eropa yang kembali mencuat dan menguatnya dolar.

 

Sebagaimana dilansir Reuters, Senin (9/12/2012), usai menguat 3 persen, harga emas pagi hari ini melemah tipis sebanyak 0,4 persen ke USD1.610,59 per ounce. Sementara harga emas AS turun 0,3 persen ke USD1.612,2.

Indeks dolar meningkat ke posisi tertingginya sejak September 2010 lantaran euro yang mengalami pelemahan. Di mana euro anjlok ke posisi terendahnya dalam 16 bulan terakhir atas dolar, dan terendah dalam 11 tahun terakhir atas yen.

Pertumbuhan lapangan kerja AS bulan lalu meningkat dan tingkat pengangguran turun ke level terendah sejak tiga tahun atau menururn sekitar 8,5 persen, menawarkan bukti terkuat pemulihan ekonomi mendapatkan angin segar.

Di Eropa sendiri, pekan ini adalah waktu yang cukup menentukan. Di mana kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Prancis Nicolas Sarkozy berupaya mencari cara menekan utang kawasan prestisius tersebut.

Kondisi beberapa hari terakhir di awal tahun 2012 ini membuat proyeksi awal yang menyebutkan harga emas akan tembus ke level tertingginya di tahun ini diyakini tidak akan tercapai. [reu/ir]

BAGIKAN

Tags:



Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU