Hari Ini Rupiah Masih Tertekan

Seruu.com - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada awal pekan ini kembali mengalami perlemahan. Meski begitu, perlemahan bukanlah karena depresiasi rupiah, namun karena terlalu kuatnya apresiasi dolar AS.

Menurut kurs tengah Bank Indonesia (BI), hari ini,  rupiah diperdagangkan di kisaran Rp9.188 per USD, dengan range perdagangan Rp9.142-Rp9.234 per USD. Sementara mengutip yahoofinance, rupiah berada pada Rp9.143 per USD, dengan range Rp9.095-Rp9.190 per USD.

Menurut analis Indosurya Securities Reza Priambada, pada perdagangan akhir pekan lalu rupiah sempat mengalami penguatan yang dikarenakan intervensi dari BI) selaku bank sentral. Selain itu, apresiasi juga datang dari nilai tukar dolar AS. Terbukti dengan menguatnya dolar AS terhadap USD.

Menurut dia, salah satu faktornya adalah kondisi Eropa yang belum menunjukkan kemajuan. Reza mengatakan, pada pekan depan Italia dan Spanyol akan melakukan lelang obligasi. Biasanya menjelang lelang tersebut dilakukan kondisi pasar bergerak stagnan.

Senada, analis Samuel Sekuritas Lana Soelistianingsih menjelaskan, pasar Asia cendreung bergerak mixed dengan rupiah akan cenderung melemah, mengikuti pelemahan euro terhadap USD. [ms]

BAGIKAN

Tags:



Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU