Cuaca Tak Bersahabat, Ratusan Nelayan Tak Berani Melaut
Perahu Nelayan di Parkir

Bangkalan, Seruu.com - Sudah satu minggu terakhir, ratusan nelayan di Desa Banyu Sangkah, Kecamatan Tanjung Bumi, Bangkalan, Madura, tidak berani melaut. Pasalnya, ketinggian ombak dan angin di tengah laut tengah tidak bersahabat, jika dipaksakan melaut akan mengancam keselamatan jiwa mereka.

“Saya beserta para nelayan lainnya di sini tidak berani melaut, karena ombak dan angin yang kencang menjadi khawatir, karena jika memaksa melaut perahu akan tersapu angin serta digulung ombak,” terang M. Khabil, salah seorang nelayan asal warda Desa Banyusangkah, Tanjung Bumi, Bangkalan, Senin (9/1/2012).

Dijelaskan Khabil, akibat para nelayan tidak melaut beberapa hari terkahir ini, secara otomatis tidak ada pemasukan sama sekali untuk kebutuhan hidup sehari-hari, sehingga sebagian warga nelayan yang tidak punyak simpanan berancang-ancang akan menggadaikan barang berharganya.

“Kalau yang masih punyak tabungan masih bisa bertahan hidup, tapi kalau yang gak punyak tabungan warga disini biasanya kalau menghadapi musim paceklik seperti ini menggadaikan barang-barang berharganya,” ujarnya.

Ditambahkan Khabil, kebiasaan warga nelayan akibat tidak melaut hari-hari menghabiskan waktunya dengan memperbaiki jaring yang rusak dan sebagian ada yang mengeringkan ikan hasil tangkapan sebelumnya.

“Para nelayan disini memilih memarkirkan perahunya di tangkis laut agar aman dari sapuan ombak yang mulai mengganas akhir-akhir ini dan kebiasaan cuaca tidak bersahabat ini terjdi hingga satu bulan,” pungkasnya. [mif]

BAGIKAN
KOMENTAR SERUU