Banjir dan Udara Dingin Masih Terjadi di Thailand

Bangkok, Seruu.com -Sebanyak 29 provinsi di utara, timur laut dan tengah Thailand sedang dilanda musim dingin. Udara dingin menyerang 29.611 desa di 29 provinsi, termasuk provinsi utara Chiang Rai, Mae Hong Son dan Phrae, provinsi tengah Phetchabun, Nakhon Patom dan Kamphaeng Phet serta provinsi timur laut Si Sa Ket. Demikian diungkapkan Departemen Pencegahan dan Pengurangan Bencana Thailand pada Ahad (8/1).

Selain itu, enam provinsi - lima di selatan dan provinsi tengah Nakhon Pathom masih terkena banjir. Kabinet Thailand pada Rabu menyetujui anggaran sebesar 11 miliar baht untuk rehabilitasi infrastruktur dasar yang rusak akibat banjir. Menurut juru bicara pemerintah, Thitima Chaisaeng, anggaran yang diusulkan oleh Deputi Perdana Menteri, Yongyuth Vichaidit, yang juga mengetuai Dewan Rehabilitasi Banjir telah mendapat persetujuan kabinet.

Dari seluruh anggaran, sebesar 5,6 miliar baht dialokasikan untuk memperbaiki infrastruktur transportasi serta 3,2 miliar baht untuk pembenahan sistem peresapan air dan irigasi. Sementara 1,3 miliar baht digunakan untuk merehabilitasi sekolah dan 137 juta baht sisanya untuk membangun kembali tempat ibadah dan situs bersejarah, kata Thitima.

Kabinet juga menyetujui anggaran sebesar 613 juta baht untuk proyek rehabilitasi Kementerian Pertahanan guna memperbaiki kendaraan dan peralatan militer yang digunakan untuk membantu korban banjir di ibu kota dan sejumlah provinsi. Kabinet percaya bahwa alokasi anggaran pascabanjir sangat dibutuhkan dan harus secepatnya dilaksanakan untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat.

Kabinet juga menetapkan keputusan Badan Penanaman Modal untuk memulihkan investasi yang terkena dampak krisis banjir dengan tindakan seperti pembebasan pajak. [ndis]

BAGIKAN
KOMENTAR SERUU