Serangan Bom Kembar di Baghdad Tewaskan 12 Orang
Korban bom Baghdad (AP)

Seruu.com - Dua serangan bom mobil mengguncang ibukota Irak,  Baghdad, pada Senin (9/18/2012) malam, menewaskan sedikitnya 12 orang dan melukai 51 orang lainnya.

 

Pejabat polisi mengatakan kepada Xinhua pada kondisi anonimitas bahwa bom mobil pertama meledak di dekat sebuah masjid Syiah di distrik al-Muwasalat baratdaya Baghdad di malam hari, menewaskan lima orang dan melukai 32 lainnya.

"Masjid ini juga rusak dalam serangan itu," ujar pejabat polisi tersebut.

Sementara itu Bom lainnya meledak di pemukiman yang mayoritas dihuni kelompok Syiah di distrik Shaab bagian utara Baghdad, menewaskan tujuh orang dan melukai 19 orang lainnya.

"Sejumlah korban cedera dalam kedua kasus berada dalam kondisi serius, yang dapat menyebabkan angka kematian meningkat, " kata polisi setempat.

Peziarah Syiah melakukan perjalanan ke kota suci Irak Karbala yang berada sekitar 110 km bagian selatan ibukota, untuk memperingati Arbain - akhir dari peringatan 40 hari berduka atas kematian Imam Hussein.

Kamis lalu, setidaknya 72 orang tewas dalam serangan bom di Baghdad dan bagian selatan kota Nasiriya, yang menargetkan penganut Syiah.

Serangan tersebut terjadi di tengah meningkatkan suhu politik antara kelompok Syiah yang memimpin pemerintahan gabungan dengan mayoritas Sunni yang mendukung kelompok politik, sejak militer AS mundur sejak bulan lalu.

Pemerintah gabungan Irak mengalami krisis sejak dikeluarkan surat perintah penahanan bagi Wakil Presiden Tariq al-Hashemi, yang berasal dari kelompok Sunni, atas dakwaan terorisme.

Al-Hashemi menolak tuduhan tersebut.

Kelompok al-Iraqiyya, mayoritas blok Sunni di Parlemen, melakukan protes dengan memboikot majelis. Dan menuduh PM Nouri Maliki, yang berasal dari kelompok Syiah, mendominasi kekuasaan. [Xin/bbc]

BAGIKAN

Tags:



Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU