Presiden Guinea-Bissau  Meninggal Dunia di Paris
Malam Bacai Sanh (AP)

Seruu.com - Presiden Guinea-Bissau Malam Bacai Sanhá meninggal dunia di sebuah rumah sakit di Paris, Prancis karena komplikasi diabetes,  Senin (9/1/2012) pagi waktu setempat.

Menurut pernyataan keprsidenan  Guinea-Bissau, Sanhá wafat di usia 64 tahun dan pemilihan presiden baru direncanakan akan dihelat dalam tiga bulan ke depan. Ketua Majelis Nasional Raimundo Pereira untuk sementara bertindak sebagai kepala negara.

Sanha diduga mengalami diabetes dan sering dirawat di rumah sakit luar negeri sejak ia memenangkan pemilihan presiden pada 2009 setelah pembunuhan mantan presiden Nino Vieira dan mantan panglima militer Batista Tagm na Wai Maret 2011 lalu.

Militer Guinea-Bissau menggagalkan upaya kudeta di negara Afrika Barat bulan lalu, upaya pemberontakan terbaru di negara Afrika Barat dengan populasi 1,7 juta, menewaskan satu dan menangkap sekitar 30 orang lainnya.

Sejak merdeka dari Portugal pada 1974, negara ini selalu dilanda aksi kudeta, dan menjadi salah satu titik transit para pedagang obat terlarang, terutama mereka yang membawa kokain ke Eropa.

Sanha sendiri  pernah bersumpah untuk menindak  perdagangan narkoba di negara itu dan menumpas kejahatan dan korupsi. [xinhua/ir]

BAGIKAN

Tags:



Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU