Marzuki Alie 'Pede' Citra Demokrat Akan Membaik

Jakarta, Seruu.com - Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat, Marzuki Alie yakin citra partainya akan terus membaik menjelang 2014.

"Insya Allah, citra Partai Demokrat akan terus membaik menjelang 2014. Yang namanya citra, biasa naik-turun. Tapi ke depan berbagai isu negatif tidak berimbas lagi dan akan terus membaik," kata Marzuki Alie, di gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (10/1), menanggapi hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI).

Menurut mantan Sekjen PD itu, rendahnya persepsi masyarakat terhadap pemerintah dalam pemberantasan korupsi tak bisa dilihat dari satu sisi.

"Dua kali pemilu berturut-turut Demokrat adalah partai pemerintah dan seolah-olah penegakan hukum dan pemberantasan korupsi itu hanya di pemerintah. Penegakan hukum itu ada yudikatifnya, ada hakim yang memutuskannya yang di luar rasa keadilan. Kan ini juga kadangkala tak hanya dilihat pada satu sisi saja," ujar Marzuki.

Ketua DPR RI itu menambahkan, ada peran dari yudikatif, legislatif terhadap lemahnya penegakkan hukum dan pemberantasan korupsi. "Yang membuat kebijakan di DPR, kan juga pegang peranan, pengawasan dalam penegakan hukum, berpengaruh juga. Jadi semua terlibat dalam penegakan dan pemberantasan korupsi," sambung dia.

Oleh karena itu, semua kader PD diminta untuk bisa menjelaskan kepada masyarakat apa yang sebenarnya terjadi.

"Pengaruh ke PD pasti ada, tapi kalau kita jelaskan kepada masyarakat, masyarakat juga akan mengerti. Kita selalu meneriakkan agar penegakan hukum harus ditingkatkan," tegasnya.

Secara pribadi, lanjut dia, dirinya selalu menyampaikan bahwa Polisi, Kejaksaan dan KPK harus betul-betul melakukan penegakan hukum, berkeadilan.

"Jangan sampai seperti kasus sendal jepit terulang dan itu yang membuat masyarakat tidak simpati dan akan berimbas kepada Partai Demokrat," kata Marzuki.

Menurut LSI, persepsi masyarakat terhadap pemerintah dalam penegakan hukum terus menurun dari tahun ke tahun. Untuk Desember 2011, persepsi itu kian turun  hingga ke 44 persen.

"Ada kecenderungan bahwa penilaian publik atas kinerja pemerintahan dalam pemberantasan korupsi mempengaruhi pilihan mereka atas Partai Demokrat. Semakin buruk persepsi publik terhadap kinerja pemerintah dalam memberantas korupsi semakin rendah elektabilitas Partai Demokrat," ujar kata peneliti senior LSI, Dodi Ambardi.  [nur/ms]

BAGIKAN

Tags:



Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU