Pencabutan Subsidi BBM, Berujung Mogok Nasional dan Protes Sosial di Nigeria
Protes di Nigeria, Warga Menuntut Pemberantasan Korupsi dan Bukan Pengurangan Subsidi BBM

Lagos, Seruu.com - Aksi mogok nasional menentang penghapusan subsidi BBM di Nigeria berubah menjadi peristiwa berdarah. Hal itu terjadi saat polisi menembaki ribuan demonstran pada Senin (9/1).

"Ada sekitar tujuh polisi menembak di udara. Mereka mencoba membubarkan para demonstran," ujar Dickson Oracle Ogba, salah satu saksi, kepada Reuters, di Lagos.

Polisi menembaki kerumunan demonstran yang menuntut pembatalan keputusan pemerintah soal penghapusan subsidi BBM.

Oracle menambahkan bahwa polisi mengarahkan bidikan langsung ke arah demonstran dan akhirnya meletuskan timah panas. Satu tewas di tempat akibat menderita luka tembak serius. Sisanya dilarikan ke rumah sakit.

Ribuan demonstran turun melakukan aksi pemogokan. Aksi tidak hanya digelar di Lagos. Di beberapa kota di Nigeria, aksi menentang pencabutan subsidi BBM juga berlangsung panas.

Para demonstran meneriakkan yel-yel 'Solidaritas Selamanya'. Mereka juga membawa spanduk berisikan catatan untuk Presiden Goodluck Jonathan. "Berhenti membunuh kita dengan kebohongan eksekutif" dan "Presiden butuh ide ekonomi, adakah yang bisa membantu?".

Pemerintah Nigeria pekan lalu melakukan program penghapusan BBM. Langkah tersebut sebagai bahan dari upaya pemerintah mendorong investasi. Sementara warga menilai bahwa korupsi yang menyebabkan pemborosan anggaran dan itu tidak bisa diatasi dengan pengurangan subsidi bargi rakyat. [ms]

BAGIKAN

Tags:



Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU