Presiden Bashar Al Assad Berang, Tantang Pihak Asing Yang Kuliahi Suriah Soal Demokrasi

Damaskus, Seruu.com -  Presiden Bashar al-Assad menuding  negara-negara asing sedang berusaha mengacaukan Suriah. "Kelompok-kelompok regional dan internasional yang berusaha mengacaukan Suriah tidak dapat lagi membohongi fakta dan kejadian itu," kata pemimpin Suriah itu dalam satu pidato di Damaskus, Suriah, Selasa (10/1).

"Mereka melakukan pembunuhan... dengan liputan regional dan internasional," katanya.

"Setelah semua usaha mereka gagal, peran asing muncul," tambahnya.

Bashar mengecam Liga Arab, yang yang misi pemantauannya di Suriah dikritik sejak 26 Desember dengan tugas mengawasi satu rencana untuk menghentikan aksi kekerasan.

Ia mempertanyakan apa hak-hak pemerintah-pemerintah asing termasuk monarki-monarki mutlak menguliahi Suriah tentang demokrasi atau reformasi. "Parlemen pertama Suriah dibentuk tahun 1917. Di mana mereka waktu itu?," tanyanya.

"Situasi mereka seperti seorang dokter yang merokok dan merekomendasikan kepada pasiennya agar berhenti merokok sementara dia mengisap rokok dimulutnya," ujarnya.

Sementara itu tekanan meningkat kepada PBB untuk melakukan usaha menghentikan pertumpanan darah 10 bulan di negara itu.

Sehari sebelumnya, oposisi Suriah mengecam usaha-usaha Liga Arab. Mereka menyeru PBB mengambil alih tugas usaha-usaha untuk menghentikan tindakan keras rezim Al-Assad terhadap para aktivis. Menurut PBB, lebih dari 5.000 orang tewas akibat kekerasan di Suriah. [ms]

BAGIKAN

Tags:



Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU