SeruuMart - Digital Marketplaces
             Jumat, 21 Juli 2017
Tags Popular
Rupiah Kembali Melemah di Sesi Penutupan

Jakarta, Seruu.com - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) dalam perdagangan Selasa sore masih berada dalam area negatif atau bergerak melemah ke posisi Rp9.145 per dolar AS. Nilai tukar mata uang rupiah pada transaksi antarbank di Jakarta Selasa sore bergerak melemah lima poin ke posisi Rp9.145 dibanding sebelumnya Rp9.140 per dolar AS.

"Mata uang dolar AS kembali menguat terhadap rupiah dipicu dari sentimen positif perekonomi AS, perbaikan data-data ekonomi AS terutama terkait dengan pasar ketenagakerjaan, kepercayaan konsumen, dan penjualan ritel mengangkat mata uang negeri Paman Sam itu," kata analis pasar uang Samuel Sekuritas, Lana Soelistianingsih, di Jakarta, Selasa (10/1/2012).

Ia mengemukakan, melemahnya mata uang juga terjadi di negara-negara Asia, namun tekanan paling dalam dialami oleh nilai tukar rupiah.

Pada minggu ke dua ini, ia mengemukakan, diperkirakan tekanan terhadap rupiah masih berlanjut setidak-tidaknya sampai ada kepastian mengenai kebijakan BI rate pada 12 Januari mendatang.

"Kami perkirakan mata uang domestik terhadap dolar AS akan bergerak di kisaran antara Rp9.050 sampai dengan Rp9.250. Kami perkirakan BI juga akan menjaga rupiah ditengah upaya tekanan ini," katanya.

Ia mengatakan, nilai tukar rupiah yang melanjutkan pelemahan terhadap dolar AS di awal minggu kedua tahun ini dipicu dari spekulasi kemungkinan Bank Indonesia (BI) akan menurunkan acuan suku bunga (BI rate) sebesar 50 bps," ujarnya.

"Spekulasi penurunan BI rate merebak ketika angka inflasi bulan Desember 2011 relatif rendah yaitu 0,57 persen mom atau 3,79 persen yoy. Rendahnya angka inflasi ini memberi potensi penurunan BI rate," ucap dia.

Spekulasi itu, kata dia, juga dipicu oleh sinyal BI mendorong suku bunga kredit perbankan untuk terus turun terutama untuk mencegah ekonomi Indonesia agar tidak mengalami perlambatan sebagai dampak turunnya pertumbuhan ekonomi global.

Sementara itu, kurs tengah Bank Indonesia pada, Selasa (10/1) tercatat mata uang rupiah bergerak melemah ke posisi Rp9.190 dibanding sebelumnya di posisi Rp9.188.
[ms]

BAGIKAN

Tags:



Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU