Perda Miras Dicabut, 10 Ribu Santri Tangerang Siap Turun ke Jalan
ilustrasi

Tangerang, Seruu.com - Forum Silaturohim Pondok Pesantren Kota Tangerang menilai pencabutan perda yang mengatur peredaran minuman keras di Tangerang akan menimbulkan dampak yang baru, yakni degradasi sosial. Ulama Tangerang akan mengerahkan massa menuntut pembatalan pencabutan perda itu.

"Jika terjadi perda dicabut, Forum siap melakukan aksi 10.000 santri turun jalan. Dengan tuntutan bahwa perda nomor 7 tetap diberlakukan," kata Ketua Forum, KH Baijuri Khotib, Selasa (10/1/2012).

Menurut Baijuri, selama ini masyarakat sangat merasakan dampak positif dengan adanya Perda 7 tahun 2005 tentang Pelarangan, Peredaran dan Penjualan Minuman Beralkohol di Kota Tangerang.

"Kami mendorong pemerintah daerah melakukan langkah hukum. Seperti menyepakati pasal mana yang dihapus dan tidak dihapus. Atau misalnya juga uji materi. Yang pasti masyarakat menyayangkan adanya pencabutan perda ini," kata Baijuri.

Perda ini, kata Baijuri, sesuai dengan semboyan kota ahlakul karimah yang disandang Kota Tangerang. "Perda larangan alkohol sesuai tugas kita, yakni amar maruf nahi munkar," ujar dia.

Dengan alasan tersebut, para ulama menuntut pemerintah pusat mengkaji ulang pencabutan perda itu. Sebab dimungkinkan masih ada pasal-pasalnya yang tidak bertentangan dengan UUD. "Kami akan bertemu dengan pemerintah daerah dan DPRD. Meminta untuk melakukan langkah hukum," ujar Baijuri.

Sementara, terpisah Mendagri Gamawan Fauzi membantah telah mencabut perda yang mengatur minuman keras di daerah. Yang dilakukan Kemendagri, hanya mengevaluasi dan verifikasi Peraturan Daerah agar Peraturan Daerah itu merujuk pada Undang-undang yang lebih tinggi.

"Kami memberikan masukan kepada daerah yang membuat Perda itu supaya merujuk kepada Undang-undang yang lebih tinggi dan jangan melanggar Undang-undang yang lebih tinggi," kata Gamawan di kantornya, Kementerian Dalam Negeri, Jakarta. [mus]

BAGIKAN

Tags:



Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU