UII Yogyakarta Peringkat Pertama PTS di DIY Dan Peringkat Kedua di Indonesia
UII Yogyakarta Ilustrasi (Istimewa)
"Capaian itu merupakan hasil yang menggembirakan, karena membuktikan konsistensi Universitas Islam Indonesia (UII) sebagai perguruan tinggi swasta (PTS) terbaik di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)," - Rektor UII Edy Suandi Hamid

Yogyakarta Seruu.com - Universitas Islam Indonesia Yogyakarta menempati peringkat pertama perguruan tinggi swasta terbaik di Daerah Istimewa Yogyakarta, dan peringkat kedua di Indonesia berdasarkan pemeringkatan "4 International College and Universities".

"Capaian itu merupakan hasil yang menggembirakan, karena membuktikan konsistensi Universitas Islam Indonesia (UII) sebagai perguruan tinggi swasta (PTS) terbaik di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)," kata Rektor UII Edy Suandi Hamid di Yogyakarta, Senin (09/01/2012).

Menurut dia, UII selama ini melihat bahwa pemeringkatan yang digunakan oleh "4 International College and Universities" (4ICU) dan lembaga lainnya sebagai "benchmarking" dalam upaya pengembangan pelayanan kampus, bukan tujuan akhir.

Dengan demikian, kata dia, yang dilakukan UII bukan mengejar peringkat, melainkan memberikan penguatan kepada badan dan unit terkait agar sebagai sebuah institusi pendidikan mampu memenuhi standar internasional yang menjadi acuan tersebut.

Ia mengatakan pencapaian standar internasional itu merupakan aspek penting dan mutlak yang harus dipenuhi untuk mempersiapkan UII yang diterima secara internasional.

"Dengan mencapai standar tersebut akan mudah bagi UII untuk berpartisipasi dalam pendidikan kelas dunia sesuai dengan visi dan misi universitas," kata Edy.

Menurut dia, 4ICU merupakan mesin pencari dan direktori nonkomersial untuk 11.000 lembaga pendidikan tinggi di 200 negara. Perankingan dilakukan dengan menggunakan metode algoritma dan didasarkan pada tiga mesin pencari independen seperti "google page rank", "majestic", dan "alexa traffic rank".

"Hal itu berbeda jika dibandingkan dengan penilaian yang dilakukan lembaga pemeringkatan Webometrics yang dilakukan terhadap empat parameter utama, yakni `size`, `visibility`, `rich files`, dan `scholar`," kata Edy.[ant/ast]

BAGIKAN

Tags:



Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU