Ketua UKP4 Pastikan Satgas PMH Dibubarkan
Ketua UKP4 Kuntoro Mangkusubroto

Jakarta, Seruu.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tidak melanjutkan masa tugas Satuan Tugas Pemberantasan Mafia Hukum (Satgas Mafia Hukum). Masa tugas Satgas PMH berakhir pada 30 Desember lalu sesuai Keppres Nomor 37 Tahun 2009.

"Satgas Pemberantasan Mafia Hukum tidak diteruskan. Jadi Keppres itu berakhir 30 Desember 2011. Dengan tidak dilanjutkan maka satgas itu bubar," Kepala Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) Kuntoro Mangkusubroto ketika ditemui di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (10/1).

Ia menjelaskan keputusan Presiden ini karena tugas Satgas Mafia Hukum untuk melakukan koordinasi antarpenegak hukum sudah cukup berhasil. Maka, keberlanjutan Satgas tidak perlu dilakukan lagi.

Seluruh anggota Satgas kembali kepada jabatan mereka. Denny Indrayana menjabat sebagai Wakil Menteri Hukum dan HAM, Darmono menjadi Wakil Jaksa Agung, Herman Effendy menjadi staf ahli Kapolri, dan Yunus Husein menjadi staf senior Bank Indonesia.

Namun fungsi Satgas Mafia Hukum akan diberikan kepada UKP4. Kuntoro mengaku belum menentukan format baru atas pelimpahan fungsi ini. "Masih dipikirkan, karena Peraturan Presiden yang memperbaiki Peraturan Presiden bagi pembentukan UKP4 itu masih dirancang. Jadi saya belum bisa sampaikan," tandas mantan Ketua Satgas PMH ini. [ms]

BAGIKAN

Tags:



Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU