Berikut Nama 7 WNI Yang Menjadi ABK Kapal 'Jong Wo 2' Yang Terbakar di Selandia Baru

Seruu.com - Sebuah kapal penangkap ikan berbendera Korea Jong Wo 2 terbakar di perairan Laut Selatan, wilayah Selandia Baru. Dari 40 anak buah kapal Jong Wo 2, 7 di antaranya berkewarganegaraan Indonesia. Demikian dilansir media Selandia Baru pada 11 Januari Rabu pagi ini waktu setempat.

Menurut keterangan sementara dari Rescue Coordination Zentre New Zealand (RCCNZ), sebanyak 25 ABK sudah berada di atas perahu penyelamat, 12 masih di atas kapal yang terbakar, 3 di antaranya dalam kondisi terluka. Sedang 3 ABK lainnya dinyatakan hilang. Sebelumnya kapal tersebut memberikan sinyal panggilan darurat yang diterima lima buah kapal yang berada di dekatnya.

Tujuh WNI yang menjadi ABK di kapal itu, antara lain Victor Sopacua (lahir 1974), Hartoyo (1985), Sutisno (1980), Tomsi Sitaniapesi (88), Yan Sopacua (84), Ferlando Alofonso (82), Maryanto (89).

Pihak Kedubes RI belum mendapat informasi pasti pemicu kebakaran yang terjadi pukul 03.00 waktu setempat. Kebakaran berawal dari dek kapal. Pihak KBRI baru mendapat kabar itu sekitar pukul 05.00 waktu setempat. Dari 40 ABK, 25 di antaranya berhasil diselamatkan kapal penyelamat. Kebakaran masuk kategori sulit untuk dipadamkan.

Sejauh ini KBRI sudah menyiapkan dua langkah untuk menyelamatkan tujuh WNI. Pertama menghubungi pihak agen kapal Korea untuk membahas hal kemungkinan terburuk. Dan kedua ke Selandia Baru untuk proses penyelamatan. Namun perlu diketahui penyelamatan akan sangat sulit karena kapal berada di antara gunung-gunung es yang cukup tinggi.

Saat ini sebuah kapal riset milik Amerika Serikat sedang menuju lokasi. Kapal Natanial Parmer itu dalam waktu sekitar 10 jam lagi tiba di kapal Jong Wo 2. Diharapkan kru kapal itu bisa menyelamatkan ABK yang masih terjebak di dalam kapal yang terbakar. [ms]

BAGIKAN

Tags:



Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU