Video Peristiwa Mesuji November 2011 Tunjukan Bahwa Pembakaran Karena Polisi Sandera Mayat Warga

Jakarta, Seruu.com - Kasus pelanggaran hak asasi manusia di Mesuji, Lampung, masih terus diselidiki. Sekretariat Bersama Pemulihan HAM kemarin merilis rekaman gambar terbaru aksi warga Mesuji, Lampung Utara, pada 10 November 2011. Dalam video tersebut terlihat, aksi kekerasan warga merupakan reaksi setelah polisi menembak dan menahan jenazah rekan mereka.

Aksi pembakaran dan penyerbuan warga ke kantor perusahaan perkebunan kelapa sawit PT BSMI terjadi sekitar pukul 15.00 Waktu Indonesia Barat, setelah warga mengetahui rekannya tewas tertembak beberapa saat sebelumnya. Warga semakin marah karena jenazah Jaelani, korban tewas disandera polisi.

Warga datang membawa senjata tajam seperti golok dan clurit, karena mereka datang saat masih bekerja di kebun. Terjadi perdebatan antara warga dan Kapolres Tulang Bawang Ajun Komisaris Besar Polisi Shobarmen. Warga memaksa polisi menyerahkan jenazah Jaelani.

Setelah dipaksa warga, polisi akhirnya menyerahkan jenazah Jaelani. Tewasnya Jaelani yang diikuti penahanan jenazahnya oleh polisi memicu aksi kekerasan warga. Jenazah Jaelani diambil warga dari Rumah Sakit Tulang Bawang, Lampung, petang hari setelah aksi tanggal 10 November 2011.

Warga menuduh polisi telah menahan jenazah Jaelani. Jaelani, 44 tahun, tewas di depan Kantor PT BSMI dengan luka tembak tepat di kepalanya. Saat itu Jaelani mendatangi kantor perusahaan kelapa sawit PT BSMI yang sedang berkonflik dengan warga. Jaelani mempertanyakan penahanan rekannya oleh keamanan perusahaan sawit tersebut. Selain Jaelani yang tewas tertembak, tujuh warga lainnya mengalami luka-luka akibat tertembak senjata polisi. [ms]

BAGIKAN

Tags:



Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU