AS Hikam : UU Kamnas Bisa Timbulkan Keretakan Antar Alat Negara

Jakarta, Seruu.com - Keberadaan RUU Kemanan Nasional yang sedang digodok oleh Sekretariat Negara dan rencananya akan diajukan ke DPR menurut AS Hikam, wakil rektor IV President University patut dicermati karena berpotensi menimbulkan keretakan antar alat negara.

"RUU Kamnas berpotensi menciptakan keretakan antar alat negara, TNI dan Polri. Sejak perumusan pertama "pertikaian tafsir" antara kedua belah pihak belum dapat diselesaikan dengan baik," tuturnya dalam rilis yang diterbitkan MASHikam Forum, Rabu (11/1/2012).

Menurut mantan Menristek era Kabinet Persatuan Nasional era Presiden Abdurrahman Wahid tersebut keberatan tersebut akan memangkas sejumlah kewenangan dan keistimewaan yang dimiliki institusi yang berkembang pesat pasca Reformasi tersebut.

"Polri terutama berkeberatan bahwa RUU itu akan menggerus wewenang yang dimiliki sebagai hasil Reformasi. Sementara TNI merasa bahwa wilayah kerjanya terlalu banyak yg "diambil" oleh Polri sehingga terkesan bahwa TNI terpinggirkan," urainya.

Untuk itu Hikam menegaskan bahwa DPR dan Pemerintah serta masyarakat sipil Indonesia harus menyelesaikan sengketa ini karena UU Kamnas sejatinya adalah UU induk.

Sebelumnya Pemerintah meyakini bahwa keberadaan UU Keamanan Nasional yang draftnya akan segera diserahkan Presiden ke DPR adalah sebuah kebutuhan. Diharapkan dengan UU itu nantinya terjadi sinkronisasi dalam melaksanakan pengamanan nasional.

"Posisi pemerintah terkait RUU Keamanan Nasional adalah dirasakan perlu adanya koordinasi di antara pemegang amanah keamanan nasional sehingga bisa ada sinkronisasi di antara mereka," ujar Juru Bicara Presiden, Julian Aldrin Pasha, saat dihubungi wartawan, Senin (9/1/2012).

"RUU Keamanan Nasional tidak sekadar mengatur peran Polri," imbuhnya.

Julian menambahkan semangat RUU Kemanan Nasional adalah untuk menghindari terjadinya tumpang tindih (overlap) di antara undang-undang yang terkait keamanan nasional. "Indonesia memerlukan RUU Keamanan Nasional. Ini bisa memberikan stabilitas keamanan," ujarnya.

"UU Keamanan Nasional nantinya diharapkan menjadi payung bagi proses pelaksanaaan di lapangan," imbuhnya. [musashi]
 

BAGIKAN

Tags:



Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU