Rayakan 1 Tahun Revolusi, Mesir Tetapkan 25 Januari Sebagai Hari Libur Nasional

Kairo, Seruu.com - Otoritas Mesir menetapkan tanggal 25 Januari sebagai hari libur resmi nasional jelang 1 tahun peringatan revolusi yang menumbangkan rezim Hosni Mobarak. Tanggal 25 Januari adalah tanggal yang dipakai sebagai awal dari gerakan demonstrasi masif menuntut turunnya Hosni Mubarak tahun lalu.

"Angkatan bersenjata akan mengadakan perayaan besar pada 25 Januari sejalan dengan peristiwa penting," kata Jenderal Ismail Etman, yang mewakili Dewan Militer Mesir sebagai penguasa sementara di negeri tersebut.

Etman juga mengatakan bahwa 18-hari revolusi tahun lalu sebagai "peristiwa terbesar" dalam sejarah kontemporer Mesir, dan setara dengan revolusi 23 Juli 1952 saat para perwira militer mengakhiri monarki.

Jenderal Hussein Tantawi mantan menteri pertahanan era Mubarak yang sekarang memimpin Dewan Tertinggi Angkatan Bersenjata (SCAF), telah bersumpah untuk menyerahkan kekuasaan ke pemerintahan sipil secepat mungkin.

Tapi aktivis menuduh militer mencoba untuk mempertahankan cengkeramannya pada kekuasaan. SCAF juga dituding telah bertindak represif selama bentrokan antara pengunjuk rasa anti-militer dan pasukan keamanan yang menewaskan puluhan orang pada bulan Oktober dan November dalam demo menentang kekuasaan militer.

"Hanya lima bulan lagi sebelum kekuasaan diserahkan, di piring emas, bagi rezim sipil terpilih," kata Etman, mengacu pada pemilihan presiden yang akan dilangsungkan pada bulan Juni.

Dia juga menegaskan bahwa untuk penguasa militer Mesir, "stabilitas adalah tujuan utama (kekuasaan mereka) sampai roda investasi, pariwisata dan ekonomi mulai berputar."

Menurut Etman, tiga perayaan utama akan menandai peringatan 1 tahun revolusi, dilambangkan oleh protes di Lapangan Tahrir yang menjadi ikon pembebasan pada tanggal 25 Januari.

"Peringatan tersebut akan sama pentingnya dengan peringatan untuk 6 Oktober (1973) kemenangan melawan Israel dan 23 Juli (1952) Revolusi" yang menggulingkan monarki," ujar Etman.

Salah satu perayaan dikatakan akan benar-benar dilakukan oleh pemuda di Tahrir Square, sedangkan yang kedua akan menjadi acara resmi kenegaraan dan ketiga akan diselenggarakan oleh pengusaha pada tanggal 10 Februari, ketika SCAF pertama kali ditunjuk untuk mengambil alih pemerintahan.

Mubarak mengundurkan diri pada tanggal 11 Februari 2011.


afp/musashi
 

BAGIKAN

Tags:



Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU