Hatta Rajasa : Raskin Akan Dibagi 2 Kali Sepanjang Januari 2012

Jakarta, Seruu.com - Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa menjelaskan pada Januari 2012 ini pemerintah akan membagikan beras untuk rakyat miskin. Pembagian beras raskin ini sebanyak dua kali menggunakan sisa beras impor pada 2011 sebanyak 1,7 juta ton.

"Beras Bulog cukup, karena di perjalanan masih ada eks impor itu, dan kita cukup memiliki kemampuan untuk membagikan raskin sebanyak dua kali pada bulan Januari karena ini musim paceklik," ungkap Hatta usai rapat koordinasi tentang beras bersama kementrian di bawahnya di Kantor Menko Perekonomian, di Jakarta, Rabu (11/1).

Hatta juga menjelaskan dalam membahas stabilisasi dan stok pangan pokok nasional dirinya melihat tiga hal. Pertama kecukupan pangan, karena saat ini Indonesia masuk masa paceklik. Dia juga berjanji mengadakan operasi pasar di daerah-daerah yang memiliki potensi kenaikan harga pangan.

"Kemudian melakukan operasi pasar. Saya juga tadi minta terjadi operasi pasar di daerah-daerah yang memiliki potensi kenaikan," jelas Hatta. Sedangkan ketiga ia memastikan anggaran yang tersedia untuk subsidi pupuk pembagian benih dan sebagainya tak terganggu.

Dengan demikian tak boleh ada dana pembintangan untuk pertanian. "Karena kalau dibintangi menjadi miss match karena kita bukan membangun infrastruktur, tetapi kita membangun pertanian. Kalau kita lewat masa tanamnya ya sudah lewat, ada massa juga untuk panen."

Dalam hal ini Hatta juga menjelaskan, semuanya dilaporkan sudah on track dan diharapkan sesuai rencana. "Dan yang terakhir program 10 juta surplus untuk 2014 memerlkun dana setiap tahun on top nya 1,7 triliun dan itu pun kita sediakan," pungkasnya. [ms]

BAGIKAN
KOMENTAR SERUU