SeruuMart - Digital Marketplaces
             Senin, 20 Februari 2017
Tags Popular
Badan Antariksa Rusia Prediksikan Satelit Akan Jatuh di Pantai Barat Jakarta
Phobos-Grunt saat diluncurkan

Seruu.com - Badan Antariksa Rusia telah memperkirakan bahwa reruntuhan satelit mereka Phobos-Grunt, akan menabrak Samudera Hindia di barat Jakarta pada sekitar akhir pekan ini.

"Diperkirakan Sisa satelit Phobos-Grunt akan jatuh ke bumi antara 14 Januari dan 16, dengan titik pusat pada tanggal 15 pada 1.18 am waktu Moskow (20:18 AEDT)," kata lembaga Roskosmos dalam sebuah pernyataan seperti dilansir AFP, Rabu (11/1/2012).

Ini juga menerbitkan sebuah peta yang menunjukkan skema turunnya satelit, dengan lokasi jatuh diprediksi ke Samudera Hindia, di barat kota Jakarta, Indonesia.

Badan antariksa Rusia mengatakan bulan lalu bahwa 20 sampai 30 pecahan satelit dengan berat total tidak lebih dari 200 kilogram diperkirakan akan jatuh ke Bumi.

Hal ini senada dengan rincian yang dikeluarkan oleh LAPAN hari ini.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional memperkirakan runtuhan wahana antariksa Rusia, Phobos-Grunt, akan jatuh ke Bumi pada Senin (16/1). Wahana itu dibuat untuk mengambil sampel tanah dan batuan serta membawa sampel bakteri, tumbuhan, dan hewan tak bertulang belakang di Planet Mars.

"Perkiraan sementara Phobos-Grunt akan jatuh ke Bumi pada Senin 16 Januari tepatnya pada pagi hari sekitar pukul 07.00 WIB," kata Deputi Sains, Pengkajian, dan Informasi Kedirgantaraan, Thomas Djamaludin, di Jakarta, Rabu (11/1/2012).

Dengan catatan, prediksi itu berlaku jika kondisi matahari dalam seperti saat ini. "Namun jika kondisi matahari lebih aktif dari saat ini, maka prakiraan jatuh akan lebih cepat karena atmosfer akan menjadi lebih rapat. Begitu juga jika lebih tenang maka Phobos-Grunt jatuh lebih lambat," kata Djamaluddin.

Untuk sementara daerah lintasan jatuhnya runtuhan satelit itu berada di wilayah Samudera Hindia. "Namun peluang untuk jatuh di wilayah Indonesia bisa saja terjadi. Hal ini karena efek pengereman oleh atmosfer sangat dinamis sekali," kata dia. [musashi]

BAGIKAN

Tags:



Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU