Video Diduga Marinir AS Kencingi Militan Taliban Beredar
Foto: Liveleak/Dailymail

Seruu.com - Militer Amerika Serikat mengatakan mereka sedang menyelidiki rekaman video yang menunjukkan sekelompok Marinir mengencingi jenazah-jenazah prajurit Taliban.

 

Sebagaimana dimuat BBC, Kamis (12/1/2012) Korps Marinir mengatakan video yang beredar di internet tersebut belum bisa diverifikasi dan bertentangan dengan nilai-nilai yang mereka junjung.

Rekaman itu menunjukkan empat pria berpakaian militer mengencingi tiga jenazah.

Seorang diantaranya terdengar mengatakan, "Semoga hari anda menyenangkan, kawan."

Ketiga jenazah itu berkulit gelap, bertelanjang kaki dan mengenakan pakaian longgar. Seorang diantaranya tampak berlumuran darah.

Asal video dan siapa yang mempublikasikannya di internet belum diketahui.

Keempat pria itu tampaknya sadar bahwa aksi mereka direkam kamera.

Markas Korps Marinir di Pentagon mengatakan kepada kantor berita Associated Press bahwa, "tindakan dalam rekaman tersebut tidak sejalan dengan nilai-nilai utama kami dan bukan merupakan indikasi karakter Marinir di Korps kami. Hal ini akan diselidiki hingga tuntas."

Ada sekitar 20.000 Marinir AS bertugas di Afghanistan, sebagian besar berbasis di provinsi Kandahar dan Helmand. Mereka dalah bagian dari total 90.000 prajurit AS di Afghanistan.

Amerika dan para sekutu di Afghanistan mengatakan mereka berencana mengalihkan kendali keamanan negara itu serta menarik prajurit pada 2014. [bbc/mdi]

BAGIKAN
KOMENTAR SERUU