SBY: Penyelesaian Masalah di Indonesia Harus Lewat Komunikasi Yang Baik
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ketika membahas perkembangan pembangunan Provinsi Jawa Timur bersama Gubernur Jawa Timur dan Bupati Pacitan di Pendopo Kabupaten Pacitan

Surabaya, Seruu.com - Dalam menyelesaikan suatu persoalan yang dihadapi bangsa, kita perlu  mengutamakan komunikasi. Mengajak bicara semua pihak itu penting agar persoalan yang terjadi dapat terselesaikan dengan baik.
 

Seorang pimpinan daerah bila kurang berkomunikasi baik dengan masyarakatnya, akan sulit menyelesaikan persoalan yang sedang dihadapi bangsa dan negara dengan baik.

Hal itu disampaikan Presiden Republik Indonesia Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono ketika membahas perkembangan pembangunan Provinsi Jawa Timur bersama Gubernur Jawa Timur dan Bupati Pacitan di Pendopo Kabupaten Pacitan, Jum’at (13/1/2012) pagi.

Presiden mencontohkan arti pentingnya berkomunikasi dengan masyarakat, khususnya yang berkaitan dengan program permbangunan. “Mana mungkin masyarakat bisa memahami dan mau mengerti dengan program-program pemerintah yang sedang dijalankan dan program mana yang belum dilakukan.

Hal ini bertujuan agar masyarakat turut serta bersama-sama untuk terlibat dalam memajukan taraf hidup dan kehidupan masyarakat Pacitan menjadi lebih baik. Jangan sampai ada rencana baik, tidak bisa berjalan dengan maksimal dikarenakan ada kelompok tertentu,” ujarnya.  

Lebih lanjut SBY mengatakan, Kabupaten Pacitan beberapa tahun lalu dikenal sebagai salah satu dari 100 lebih daerah yang tergolong dalam kategori daerah tertinggal yang ada di Indonesia.

Namun saat ini, pemerintah pusat telah melakukan upaya sebagaimana telah dilakukan di daerah-daerah lain yang tertinggal, dengan melakukan percepatan dan perluasan pembangunan di masing-masing daerah.

“Saat ini terbukti, Kab. Pacitan bersama sekitar 50 daerah sudah terbebas dari kategori daerah tertinggal. Tentu ini kita patut bersyukur dan saya berterima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras seperti pemerintah pusat, provinsi dan kab/kota dalam memajukan dan mengangkat status daerah Pacitan menjadi lebih baik, dari daerah tertinggal menjadi daerah tidak tertinggal,” imbuh SBY.

Pada acara yang juga dihadiri oleh sebagian anggota Kabinet Indonesia Bersatu Jilid 2 itu, Presiden SBY mengatakan, untuk menentukan dan mengukur sejauh mana tingkat kemajuan suatu daerah di antaranya bisa dilihat dari taraf hidup rakyatnya, tingkat pendidikan, kesehatan atau biasa dikenal dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), keadaan infrastruktur dan kemajuan perekonomian serta kesejahteraan rakyat di masing-masing daerah itu.

Apabila sudah terbebas dari kategori daerah tertinggal, berarti banyak aspek-aspek dan tingkat kemajuan suatu daerah sudah meningkat meskipun bila dibandingkan dengan daerah lain yang sudah maju, tentu masih banyak yang harus dikerjakan serta dibenahi di kabupaten ini.

“Saya selalu mendukung rencana, komitmen dan upaya yang dilakukan Pemprov Jatim dan Pemkab Pacitan dengan bantuan dari pemerintah pusat untuk lebih meningkatkan pembangunan di Kab. Pacitan ini,“ tegasnya. [yud]

BAGIKAN

Tags:



Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU