Pulang Kampung, SBY Kunjungi Rumah Pangan Lestari
Presiden SBY Bersama Gubernur Jawa Timur saat mengunjungi Desa Lingkungan Lestari

Surabaya, Seruu.com -  Dalam rangkaian kunjungan kerjanya ke Kabupaten Pacitan, Presiden SBY bersama Ibu negara Hj. Ani Bambang Yudhoyono juga berkunjung ke Kawasan Rumah Pangan Lestari (RPL) di Desa Kayen, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan.Kawasan Rumah Pangan Lestari yang digagas Kementerian Pertanian ini bertujuan mewujudkan kemandirian pangan dengan menggerakkan kembali budaya menanam di lahan pekarangan, baik di perkotaan maupun di pedesaan.

Prinsipnya adalah memanfaatkan pekarangan yang ramah lingkungan untuk memenuhi kebutuhan pangan dan gizi, serta meningkatkan pendapatan keluarga. Sasaran akhirnya adalah meningkatnya kesejahteraan melalui partisipasi masyarakat.

Di Desa Kayen, program ini telah dimulai sejak awal 2011 ini.  Pada tanggal 21 Februari 2011, Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Soekarwo bersama Kepala Badan Litbang Pertanian dan Direktur Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian berkunjung ke lokasi pengembangan Kawasan Rumah Pangan Lestari untuk melihat kemajuan perkembangan pelaksanaan program. Pakde Karwo, sapaan akrab Soekarwo mengapresiasi kegiatan RPL. Dia berharap, kegiatan itu bisa menjadi contoh yang bisa diterapkan untuk wilayah lain.  

“Intensifikasi pekarangan dalam program semacam ini merupakan pola yang tepat sesuai dengan kondisi sosial ekonomi setempat, “ ujarnya.

Respon petani terhadap program ini cukup baik, terlihat dari peran aktif mereka dalam mempersiapkan lahan pekarangan dan perbaikan kandang ternaknya.  

Kondisi tersebut merupakan media diseminasi yang baik bagi Kementerian Pertanian untuk menyampaikan teknologi pertanian yang telah dihasilkan, sekaligus untuk melihat bagaiman respon dan tingkat adopsi petani terhadap teknologi yang diintroduksikan.

Sementara itu, Presiden SBY menilai Desa Kayen telah berhasil menerapkan impiannya untuk memenuhi kebutuhan pangan dengan memakai pola KRPL.

“KRPL bisa dijadikan sebagai program prioritas di setiap rumah tangga, bukan saja hanya di Pacitan tapi seluruh rumah tangga di Indonesia perlu mencontoh apa yang sudah dilakukan warga Kayen ini. Kalau KRPL kita jadikan gerakan sebagai penghematan belanja rumah tangga maka setiap rumah tangga tidak akan merasa risau bila terjadi kenaikan harga pangan atau sayur-sayuran karena semuanya sudah tersedia di pekarangan rumah,” ujar SBY. [yud]

BAGIKAN

Tags:



Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU